ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

PERKEMBANGBIAKAN MAKLUK HIDUP

07 Dra Umi FaridahPerkembangbiakan merupakan proses pembentukan individu baru. Tujuan makluk hidup melakukan proses perkembang biakan adalah bentuk melestarikan jenis jenis hewan dari kepunahan. Dalam perkemangbiakan makluk dalam mengalami  proses dinamakan kawin ( generatif ) dan tidak kawin ( vegetatif ).

PERKEMBANGBIAKAN GENERATIF.

images[1]Proses perkembang biakan secara generative,  adalah terjadinya calon individu baru yang didahului oleh fertilisasi ( proses peleburan antara ovum dan sperma ). Hasil dari fertilisasi disebut dengan zigot. Sifat individu baru hasil perkembang biakan generatif  merupakan perpaduan  dari sifat kedua induknya. Perkembang biakan secara generative pada makluk hidup tingkat rendah dapat terjadi secara konjugasi, isogami dan anisogami. a). Konjugasi adalah perkembang biakan generative pada  organism yang belum jelas jenis kelaminnya. Contohnya : organisme yang melakukan konjugasi adalah alga Spirogyra dan protozoa Paramecium. b). Isogami adalah perkembangbiakan generative yang terjadi antara sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina yang sama bentuknya dan ukurannya. Contoh Perkembang biakan pada Ulotrich dan Chlamydomonas. c). Anisogami adalah perkembangbiakan generative yang terjadi antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina yang bentuknya  dan ukurannya berbeda. Dimana sel kelamin betina umumya lebih besar dari sel kelamin jantan. Contonya. Perkembangbiakan pada Plasmodium dan Oedogonium.

PERKEMBANGBIAKAN VEGETATIF.

images[2]Perkembangbiakan vegetatif, adalah terjadinya individu baru tanpa didahului proses proses peleburan ovum dan sperma. Perkembangbiakan vegetatif hanya melibatkan satu organisme. Individu baru hasil perkembangbiakan vegetatif memiliki sifat yang selalu sama dengan sifat organisme  induknya.

Perkembangbiakan vegetatif makluk hidup tingkat rendah dapat terjadi melalui pembelahan biner ( membelah diri ).membentuk tunas, dan membentuk spora. Contohnya organisme yang melakukan pembelahan biner adalah Amoeba. Paramecium dan bakteri. Contohnya organisme yang membentuk tunas adalah Saccharomyces. ( ragi tape) dan Hydra. Contohnya organisme  yang membentuk spora adalah jamur dan kapang Rhizopus.

BAGAIMANA MAKLUK HIDUP MENGEMBANGBIAKKAN

m-634042[1]Mengembangbiakan binantang kuda, sapi, domba, ayam, dan katak mungkin terjadi dan tidak heran lagi dan bagaimana jika mengembangbiakkan binantang kuda laut makluk yang langkah dan mungkin jarang terjadi kuda laut ini sering disebut takur kuda hewan ini yang tidak menyerupai ikan tapi kepalanya sangat mirip dengan kepala kuda.Kuda laut termasuk tergolong ikan juga memiliki pernafasan. Alat pernafasan berupa insang dan cara berkebangbiaknya dengan bertelur. Habitat hewan ini terdapat di laut dan ekornya sering dililitkan pada rumput laut untuk menambatkan badannya. Cara berkembangbiak kuda laut sangat menarik ketika musim berkembangbiak tiba, kuda jantan dan kuda betina saling berlilitan ekor satu sama lainnya untuk memindahkan telur telurnya kedalam kantong penetasan telur tubuh kuda laut jantan. Kantong penetas berlapiskan jaringan yang lembut dan berlekuk lekuk kecil. Seekor kuda laut jantan dapat didatangi oleh beberapa betina sehingga kuda laut jantan yang besar dapat menampung sampai 400 butir telur. Dan telur telur tersebut akan terus berada dalam kantongnya sampai menetas. Dan sampai anak anaknya keluar berenang sendiri dan tidak akan kembali di kantong induknya lagi.

APA TUJUAN PERKEMBANGBIAKAN MAKLUK HIDUP ? 

images[3]Artinya untuk menjaga kelestarian jenisnya. Perkembangbiakan meruapakan peristiwa pembentukan individu baru yang dapat terjadi secara generatif ( seksual/kawin ) maupun secara vegetatif ( aseksual/tidak kawin ) dan tujuan perkembangbiakan adalah untuk melestarikan jenisnya dari kepunahan.Jika  perkembangbiakannya lambat makluk tersebut mudah punah Contohnya hewan yang teracam punah seperti badak bercula satu, hewan gajah Sumatra, komodo dan harimau Sumatra.

Sumber : gambar google.com -Penerbit Airlangga-2008 dan sains biologi Tiga serangkai – 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: