UNTAIAN KATA MUTIARA YANG INDAH

UNTAIAN  KATA MUTIARA YANG INDAH

Picture 012DEMI MASA,  sesungguhnya seluruh manusia itu benar dalam kerugian kecuali orang orang yang beriman dan beramal sholeh dan saling berpesan dengan kebenaran dan saling berpesan dengan kesabaran.  Oleh karena itu gunakan waktu sebaik baiknya dan kesempatan dan jangan disia siakan karena waktu tak kan kembali. Dan umur kita semakin lama tidak semakin bertambah justru semakin lama semakin berkurang dan jangan biarkan berlalu dengan percuma persiapkan bekal amal ibadah  kelak dikemudian hari.

Seperti dalam firman Allah SWT. “ Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik baik bekal adalah bekal ta’wa dan bertaqwalah kepadaKu hai orang orang yang berakal“ ( Qs. Al-Baqarah 197 ).

kaligrafi5Dengan bekal ta’wa manusia senantiasa akan hidup bahagia dan menyegarkan iman dan batin kita berta’wa kepada Allah SWT. Mungkin masih dalam ingatan kita lirik lagu Opick demi masa, sebenarnya Nabi Muhammad SAW. Telah berpesan dan petunjuk dan selalu mengingatkan kepada kita semua pesan yang indah dan selalu melekat di hati kita kepada orang yang selalu berta’wa  “PERGUNAKAN LIMA KESEMPATAN,  SEBELUM DATANG LIMA KESEMPITAN “ yaitu :

Pertama, “ Pergunakan kesempatan sehatmu,  sebelum datang sakitmu “ masa masa sehat adalah masa yang sangat  berharga bagi kita dan kita kadangkala sadar jika kita mau mendekatkan diri tatkala kita dalam keadaan sakit. Oleh karena itu pergunakan masa sehat untuk berbuat kebajikan.

Kedua, “ Pergunakan kesempatan lapangmu,  sebelum datang kesibukan “ Disaat waktu lapang / luang biasanya orang melalaikan lupa menjalankan perintah perintah agama karena itu dengan kesempatan yang ada bersegeralah untuk mendekatkan kepadaNya. Sebelum datang masa kesempitan menyergab kita.

Ketiga, “ Pergunakan hari mudamu,  sebelum datang hari tuamu “ Kesempatan masa mudah masa yang paling  indah pergunakan waktu waktu masa mudah untuk menuntut ilmu untuk masa depan dan menuntut ilmu untuk bekal di hari kemudian karena ilmu dapat mengantarkan hidup kita bahagia dunia akherat. Dan memperbanyak amal ibadah dan pesan ini tidak hanya mereka yang muda justru  orang tua untuk selalu mengingatkan yang mudah.

Keempat, “ Pergunakan kesempatan waktu engkau kaya,  sebelum datang kemiskinanmu “ Dimasa orang merasa mampu memiliki harta kekayaan yang berlimpah sebaiknya dipergunakan untuk beramal sholeh mau menginfaqkan hartanya di jalan Allah. Dan menyantuni anak yatim dan memberi makan fakir miskin. Harta yang banyak tak menjamin hidup dapat bahagia karena harta merupakan ujian.

Kelima, “ Pergunakan masa hidupmu,  sebelum datang saat kematianmu “ Dikala hidup amalan amalan apa yang bisa kita bawa pada saat mati. Perbuatan amal ibadah dimasa hidup akan dimintak pertanggung jawaban sebaiknya dengan bertambah usia hendaknya bertambah baik amal ibadah kita dan kita manfaatkan sisa sisa umur kita untuk kebaikan karena orang yang baik adalah orang yang hidupnya bermanfaat kepada orang lain.

Itulah untaian kata mutiara yang indah, kebenaran semua dari Allah dan bila terdapat kesalahan itu dari tangan tangan kami sendiri semoga pesan yang singkat ini bermanfaat bagi kita semua amin..

 

Sumber : Toto Pribadi,  Al – Amin

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: