MACAM MACAM COBAAN

MACAM MACAM COBAAN
Cobaan yang menimpa pada diri kita banyak sekali baik cobaan berupa menghadapai musibah, krisis ekonomi ( kekurangan ), rasa ketakutan, kelaparan, kekurangan harta dan diberi kaya raya dan lain sebagainya itu juga ujian. Dan orang yang beriman memiliki ciri ciri jika diterpa musibah maka mengucapkan “ Inna Lillahi wa Inna ilaihi raaji’un “ ( artinya sesungguhnya kami ini milik Allah dan kepadaNya kami kembali ), orang yang demikian selalu mendapatkan keberkahan sepurna dari Allah SWT. dan mendapat tempat yang terpuji yaitu surga seperti yang difirmankan dalam ( Q.S Al-Baqoroh ayat 155 – 156 ) yang artinya :
( Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, Jiwa dan buah-buahan, Dan berikanlah berita gembira kepada orang orang sabar, ( yaitu ) orang orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan Inna Lillahi wa Inna ilaihi raaji’un. Mereka itulah yang mendapatkan keberkahan yang sepurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang orang yang mendapat petunjuk ).

Dan dijelaskan dalam hadis sebagai berikut :
“Sabar adalah separo iman dan keyakinan adalah seluruh keimanan” (HR. Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi)
“Tidak ada suatu rezeki yang Allah berikan kepada seorang hamba yang lebih luas baginya daripada sabar”. (HR. Al Hakim)
“Sabar yang sebenarnya ialah sabar pada saat bermula (pertama kali) tertimpa musibah” (HR. Bukhari)
“Ada tiga hal yang termasuk pusaka kebajikan, yaitu merahasiakan keluhan, merahasiakan musibah dan merahasiakan sodaqoh (yang kita keluarkan)” (HR. Ath-Thabrani)
“Orang yang bahagia ialah yang dijauhkan dari fitnah-fitnah dan orang yang bila terkena ujian dan cobaan dia bersabar” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: