SENI RUPA DEKORASI

animasi

 

SENI RUPA

Pengertian seni rupa adalah suatu ungkapan gagasan atau perasaan yang etetis dan bermakna yang dapat diwujutkan melalui dari goresan,titik, bentuk tekstur dan warna. Warna pun memiliki arti tersendiri dalam seni dan warna yang tergores memiliki teknik ada warna dengan goresan terang dan goresan tipis dan disusun menurut prinsip seni lukis tertentu.

Istilah seni rupa ( Visual art ) mengandung nilai nilai kenikmatan batin yang terletak pada goresan bentuk lukisan.

UNSUR UNSUR SENI RUPA

Seni rupa memiliki dua  dimensi pada titik, garis, bidang, bentuk, warna elap dan terang  dan tekstur unsur meliputi :

Titik, dalam seni rupa titik atau kumpulan dari titik titik akan dapat membentuk  lukisan. Titik memiliki peranan yang sama dengan unsur unsur yang lain membentuk garis dan bidang.

Garis, merupakan salah satu unsur terbentuknya sebuah gambar atau lukisan. Dan ada bermacam macam garis dalam suatu gambar dengan mengekspresikan, diantaranya bentuk garis lurus, garis lengkung, garis zig zag, garis patah patah dan garis spirat.

Bidang, memiliki unsur seni yang berbentuk dari pertemuan berbagai garis yang meliputi jenis seni lukis bidang geometris yaitu bidang yang terdapat dalam ilmu ukur, missalnya bidang segi tiga, segi empat, segi lima dan lingkaran dan bidang non- geometris yaitu bidang yang berbentuk tidak beraturan bidang seni lukis bebas.

Bentuk, unsur dari seni rupa yang membentuk karena ruang atau volume. Bentuk dalam seni rupa juga memiliki dua jenis bentuk geometris, misalnya segi tiga, segi empat, segi lima dan lingkaran dan bentuk seni non – geometris.

Warna, dalam sebuah seni rupa memiliki karya seni terletak pada paduan warna dan warna memiliki peanan yang penting dengan perpaduan warna yang tepat gambar akan mengandung arti tersendiri dalam seni rupa. Dan warna memiliki golongan sendiri misalnya warna primer adalah warna pokok missal warna merah, kuning dan biru.Warna sekunder atau warna kedua biasanya warna campuran dari warna hijau (campuran dari wana biru dengan dan kuningan).Warna jingga (campuran dari warna merah dan kuning) dan lain lainnya Dan warna tertier atau warna ketiga dalam seni rupa adalah campuran dari warna sekunder dengan perbadingan yang sama contoh : warna biru kemerah merahan, hijau kebiruan dan merah keunguan dan lainnya.

Demikian fungsi seni merupakan bagian dari kehidupan dan merupakan suatu kebutuhan hidup dalam mengukapkan persaan dalam suatu karya karya seninya dalam bentuk goresan dan gambar yang diciptakannya dan seni tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: