WAWANCARA

WAWANCARA

Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia  yang dibimbing oleh Bapak Sulaji siswa kelas 7 (tujuh) diberikan tugas bentuk wawancara dengan tema …. Sumber wawancara dapat diperoleh dari seorang tukang becak yang bernama pak…. Mantan seorang sopir truk tronton yang mangkal di tempat….. Pak… salah satu seorang yang masih memiliki semangat hidup yang tinggi walaupun usianya sudah tua Untuk menghasilkan wawancara yang baik efektif dan efesien tentu membutuhkan suatu persiapan. Selain persiapan juga memperhatikan teknik teknik wawancara yan baik. Teknik wawancara terhadap seseorang dapat dilakukan bermacam macam baik dilakukan perorangan/ individu atau berkelompok dan wawancara sedikit berbeda bila dilakukan dengan orang yang diajak wawancara,  tempat, waktu dan tujuan masalah yang dibicarankan.

Sebelum melakukan wawancara yang perlu diperhatikan sebagai berikut :

Sebelum melakukan wawancara dipersiapkan perlengkapan dan peralatan seperti tape recorder, camera, kertas dan alat tulis menulis bila diperlukan. 2) Menghubungi orang yang akan diajak wawancara baik dilakukan lansung atau melalui permohonan atas kesediaan untuk diajak wawancara. 3) Persiapkan apa saja yang akan ditanyakan berupa daftar pertanyaan secara runtun dengan mencakup pokok pokok masalah yang akan ditanyakan dengan memperhatikan 5W + 1 H tentu ada pembuka ada penutup.4) Memberikan kesan yang baik, sopan, dan beretika. 5) Tepat waktu sesuai jadwal yang direncanakan. 6) Selalu berpakaian yang rapi dan bersimpatik. 7) Menggunakan bahasa yang jelas, sopan  dan  tidak berbeli belit.

Pada saat wawancara harus memperhatikan sebagai berikut :

Menjelaskan identitas anda sebelum melakukan wawancara dan tujuannya. 2) Mulailah wawancara dengan pertanyaan yang sederhana yang bersifat umum dan lakukan dengan penuh keakrapan. 3). Tanyakan nama dari nara sumber dengan sopan. 4) Siapkan perlengkapan dan peralatannya yang diperlukan. 5) Lakukan wawancara, dengarkan pendapat dan informasi secara seksama, usahakan tidak menyela agar keterangan dan informasi tidak terputus dan usahakan tidak meminta pengulangan jawaban dari nara sumber. 6) Hindari dengan pertanyaan yang berbelit belit dan tidak menyinggung perasaan. 7) Tetap mejaga suasana yang informatif, hormati petunjuk nara sumber seperti “off the record“ dan “no command”.8) Harus pandai mengambil kesimpulan dari hasil wawancara  tentu tidak semua wawancara untuk dicatat. 9) Berikan kesan yang baik dan jangan lupa mengucapkan terima kasih dan mohon maaaf.

Apa yang dilakukan wawancara :

Habel, ,,…. Cukup proaktif dalam melakukan wawancara sampai tugas kelompoknya dapat dilaporkan bentuk wawancara berupa video satu kelompok memberi wawancara dan lainnya mencatat dan melengkapinya nah ada beberpa cuplikan wawancara seperti yang dilakukan habbel dkk.

Habel, Selmat pagi…Pak …. ,

Pagi,….

Sumber, toto pribadi pengalaman pribadi

1 Comment (+add yours?)

  1. totopribadi
    Dec 01, 2012 @ 22:05:02

    Activitas sekecilpun mari kita hargai untuk keberhasilan anak di masa depan

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: