BELAJAR BERSAMA ALAM

BELAJAR BERSAMA  ALAM

Belajar mengenal lingkungan bagi siswa sekolah Menengah pertama SMP Semen Gresik perlu ditanamkan untuk selalu cinta dengan alam lingkungan sekitarnya belajar alam tidak cukup dengan teori teori saja yang diberikan dikelas tetapi perlu aplikasinya di alam. Belajat mengenal lingkungan alam tidak cukup untuk membaca buku melalui pelajaran ilmu pengetahuan alam ( IPA ) atau materi pendidikan lingkungan hidup ( PLH ) tetapi dapat juga melalui kegiatan lain yang mendukung seperti kegiatan stydy tour, out bon, pramuka, mungkin kegiatan lainnya seperti club anca ( aku cinta alam ).

Pendidikan linkungan hidup bagian pendidikan yang mendapat tempat di dunia pendidikan pada maingmasing pelajran / bidang study  harus memasukan / menyisipkan kompentensi dasar ( KD ) yang terkait dapat diaplikasikan melalui nilai nilai karakter tentang lingkungan hidup sehingga anak dapat tetap mencintai alam khususnya pada alam  lingkungannya sendiri.

Khusunya pada mata pelajaran IPA yang banyak terkait dengan alam siswa dapat lebih dekat dan mengenal alam lingkungan sekitarnya dan mempelajari dari macam macam jenis tananman dan cara merawatnya dan membudayakan tanaman sebagai salah satu untuk kehidupan kita melindungi kita, dan memberikan kesejukan di hati kita.

Siswa SMP semen Gresik dalam rangka meningkatkan dan sekaligus menerapkan materi ilmu pengetahuan alam dan materi bidang stydy yang lain yang diperoleh dari pelajaran disekolah untuk dipraktikkan di alam bebas di lokasi kebun raya purwadadi dan Jatim Park 1 dari dekat anak anak mengenal keindahan alam dan mengenal tanaman terutama  tanaman langkah yang ada disekitar kita seperti  sawok kecik, mojolali, phan cendono, bunga bangkai, dll.

Dan memahami ciri ciri tanaman baik tanaman yang sering kita lihat dan tanaman langkah yang  dapat diketahui melalui pengamatan siswa seperti ciri ciri tanaman langkah : Habitat aslinya sudah langkah, tanaman hampir punah karena terhidragasi oleh alam, adanya tidak ada pendataan tentang tanaman langkah dll.

Untuk mengatasi hal tersebut perlu mengadakan program pengembangan dan reintroduksi atau penanaman kembali tanaman yang langkah, membuat peraturan /melindungi tanaman yang langkah melalui perda ( peraturan daerah ), harus mencintai dan melestarikan alam melalui pendidikan di sekolah dll. Atau melalui membagi bagikan pesan / poster di masyarakat ramai dengan tema : Cintai aku dan siramlah aku biar aku dapat hidup seribu tahun lagi, Menanam satu pohon berarti turut melestarikan alam, dan mematikan satu pohon berarti membawa bencana alam dll.

Sumber, toto pribadi dari pengalaman pribadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: