BANDWIDTH

UKURAN KECEPATAN INTERNET

Internet memiliki kecepatan akses yang berbeda. Kecepatan akses Internet dapat diukur dari lebar pita (bandwidth), yaitu ukuran besarnya kapasitas transfer data. Semakin besar bandwidth yang dimiliki, semakin cepat aksesnya. Satuan kecepatan akses internet adalah kpbs. Faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan akses Internet adalah: 1). Kecepatan computer pelanggan. 2) Kepadatan lalu lintas internet sepanjang rute yang di lalui. 3) Besar bandwidth yang di sewa ISP ke backbone Intenet. 4) Jumlah pengguna server pada waktu yang bersamaan. 5) Kemampuan dan kecepatan server dimana pengguna akses.

Jika kita memiliki kompuer di rumah, itu tandanya kita dapat menghubungkan internet ke computer kita dengan kabel telpon atau biasa di sebut dial Up. Untuk menghubungkannya, dibutuhkan modem. Kecepatan akses internet dengan dial up mencapai 56 kbps. Tapi pada siang hari, kecepatan berkurang karena saluran telepon sangat sibuk.

ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah suatu ternologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Keuntungan ADSL adalah memberikan akses internet berkecepatan tinggib dan suara/fax secara stimulan (di sisi pelanggan dengan menggunakan  splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem)

Bandwidth maksimum yang di dapat apabila kita menggunakan akses internet ADSL adalah 1). Line rate 384 kbps, bandwidth maksimum mendekati 337 kbps. 2). Line rate 384 kbps, troughput  rata-rata (kecepatan download) sekitar 40 kbps. 3). Line rate 512 kbps, bandwidth maksumim mendekati 450 kbps. 4). Line rate  512 kbps, troughput rata-rata (kecepatan download) sekitar 52 kbps.

GPRS adalah kepanjangan dari  General Packet Radio Service, yaitu komunikasi data dan suara yang di lakukan dengan menggunakan gelombang radio. Sistem GPRS dapat dilakukan dengan transfer data (paket data)  berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS) , dan browsing. Layanan GPRS dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136. GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps sehingga memungkinkan akses Internet, pengiriman data multimedia ke computer atau notebook.

3G adalah singkatan dari third-generation technology. Isitlah ini digunakan untuk mengacu pada perkembangan teknologi telepon nirkaber/wireless. 3G sebagai selusi nirkaber dengan kecepatan sebagai berikut 1). 144 kbps untuk kondisi bergerak cepat (mobile). 2). 384 kbps untuk kondisi berjalan (pedestrian). 2) Mbps untuk kondisi static suatu tempat.

WiFi (Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel dengan menggunakan teknologi radio sehingga pemakaiannya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. Teknologi WiFi  memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang rapat, kamar hotel, kampus, dan café-café yang bertanda “WiFi Hot Spot”
Wireless Boardband dinilai lebih efisian dari pada WiFi. Jangkauan WiFi  masih terbatas kira-kira 100 meter, sementara wireless boardhand diklaim dapat diakses sampai jarak 1 kilometer dari pemancarnya. Wireless boardhand  dikembangkan oleh Samsung dan  Elesctronics and technology  Research Institute (ETRI)  dan telah mendapat sertifikat dari

Sumber, google.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: