OLARAGA FUTSAL

TEKNIK TEKNIK DALAM OLAHRAGA FUTSAL

Teknik teknik dalam permainan kegiatan olaraga futsal dapat dilihat cara bermain pemain futsal kegiatan ftsal dapat dilakukan dengan 5 ( lima ) orang tim termasuk penjaga gawang dimainkan dengan 2 lawan dan dibantu dengan dengan juri dan masing masing juri memiliki tugas masing masing.

Dalam kegiatan futsal terdapat teknik diantaranya teknik menggiring bola, teknik menendang bola dan masing harus dimiliki oleh masing masing pemain selain teknik pemain fusal harus memiliki kemampuan diantaranya:

Kecerdasan, sangat diperlukan dalam memainkan bola pada saat menghadapi lawan dari sini tingkat kecerdasan dan inteligensi pemain akan diperlukan. Teknik, teknik diperlukan dalam menggiring bola dan masing pemain memiliki kemampuan yang mungkin tidak dimiliki pemain yang lain teknik menggiring bola diperlukan untuk mengalahkan / melepaskan bola lawan pergerakan  tanpa bola ( footwork) mengupan (Passing), menggiring (dribbling) dan menmbak bola (shooting).

Kecepatan, kecepatan menggiring bola dalam permainan futsal sangat diperlukan karena futsal dalam permainanya diperlukan waktu yang cukup singkat untuk menguras tenaga untuk dapat  memasukan bola dalam gawang gerak tipu maupun cara menembak bola ini menjadi suatu permainan yang sangat penting.

Total foobal, dalam permainan diperlukan stamina yang cukup karena permainan ditentukan waktu yang sedikit dan ruangan kecil dituntut untuk menghasilkan bola masuk dalam gawang. Hiburan, sebagi olaraga yang murah meriah olaraga futsal tergolong olaraga yang dinilai hiburan untuk sekedar kebugaran dan dapat sebagai ajang bermain untuk menambah teman dan menang kalah dalam permainan sepak bola futsal mungkin tidak diperlukan jika dilakukan dalam permainan bola untuk mengisi waktu luang tetapi dalam kejuaraan tertentu kemenangan sangat diperlukan.

PERATURAN  UMUM

Peraturan bermain futsal pada umumnya sama seperti pada peraturan sepakbola yang dimainkan oleh club club / FC oleh 11 tim yang membedakan jumlah tim / pemain peraturan peraturan seperti dibawah ini.

Jumlah pemain

Jumlah pemain terdiri  lima orang  pemain inti termasuk penjaga gawang dan setiap tim juga memiliki pemain pengganti dan di ijinlan sebanyak tujuh orang dan jika seorang pemain yang diganti dapat  main kembali

Wasit

Wasit adalah pemimpin bola dalam pertandingan futsal para wasit memiliki wewenang penuh menjalankan aturan aturan dalam permainan futsal dan wasit dalam permainan futsal dibantu oleh wasit ke dua sebagai pembantu di sisi lapangan  yang berlawanan dengan wasit utama sedang wasit ketiga sebagai pencatat waktu dalam permainan.

Lama dalam pertandingan

Lama pertandingan kegiatan futsal cukup singkat terdiri atas dua babak dan masing maing dengan waktu 20 menit dengan waktu istirahat 10 menit dan jika terjadi draw sama dalam pertandingan akan ditambah perpanjangan waktu 2 X 10 menit jika hasilnya masih sama maka diadu pinalti

Gol /bola masuk gawang

Terjadinya gol bila bola masuk gawang  jika bola meliwati garis gawang apabila tim dapat mencetak bola masuklebih banyak maka dinyatakan menang atau jika masing masing memiki jumlah gol sama atau sama sekali bola tidak masuk maka dinyakana permainan seri.

Pelanggaran yang terjadi

Pelanggaran terjadi bila masing masing pemain melakukan tindakan tidak sportif, melontarkan kata kata yang menyakitkan, tidak memenuhi peraturan, mengulur waktu , tidak dapat menjaga jarak dalam permainan ,  dan meninggalkan lapangan tanpa seijin wasit dll.

Sumber toto pribadi / buku sunda kelapa pustaka teknik permainan  futsal 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: