MENGELOLAH SAMPAH

Apa itu sampah dan bagimana cara pengatasinya ?

Disitu ada  sampah pasti ada lalat, ada lalat pasti ada sarang penyakit

Sampah ada dimanan mana dimana  dan bagaimana cara memanfaatkan sampah yang semestinya? sampah menjadi masalah yang serius penumpukan sampah selain dipandang nggak begitu enak dipandang mata dan mungkin tempat sarang penyakit diantaranya penyakit kolera, disentri, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) dan jika tidak cepat diatasi akan membawa musibah minimal akan mendatangkan penyakit pada lingkungan sekitarnya maka yang penting sampah cepat diatasi dan dibuang pada tempat nya.

 

Ada dua pengertian samapah  ?

Untuk mengatasi sampah ada 2 ( dua ) tujuan diantaranya pertama membantu kebersihan lingkungan dan kedua memanfaatkan sampah (recovery) menjadi barang yang berguna dan bermanfaat menjadi pupuk kompos.

Apa yang sebenarnya sampah itu ?

Sampah bagian dari kotoran limbah padat yang dianggab tidak berguna yang banyak kita lihat di sekitar kita terutama di lingkungan sekolah kita dan sampah dapat kita bedakan sampah organik dan sampah anorganik.

Macamnya jenis sampah 

Sampah Organik adalah sampah yang mudah membusuk dan terurai dengan jangka waktu tertentu seperti ( sisa makanan, buah buahan dan daun daun yang jatuh ). Apabila sampah tersebut dengan cepat diatasi akan dapat bermanfaat untuk pupuk. Terutama sampah dari sisa makanan, sayur buah buah an.

 

Sampah Anorganik adalah sampah yang sukar membusuk diantaranya sampah berupa bungkus makanan dari ( plastik, logam, kaca yang sejenisnya)

Nah bagaimana sampah yang ada diantara kita, baik sampah anorganik dan organik kita kelolah menjadi sesuatu barang yang bermanfaat.

Langkah mengatasi sampah yang ada disekitar kita 

Pertama :

Mengumpulkan sampah di tempat sampah diantara kita baik kotoran sampah berupah plastic, kertas, daun daun yang jatuh dari pohon dan khusus daun daun kita kumpulkan dan kita tempatkan pada tempat tertentu.

Kedua :

Mengangkut kotoran sampah ditempat gerobak menuju tempat pengelolaan.

Ketiga :

Melakukan pemisahan yang termasuk sampah organic atau anorganik

Keempat :

Hasil sampah annorganik dapat dimanfaatkan dari barng yang tidak bermanfaat menjadi barang yang berguna ( untuk kerajinan, kebutuhan lainnya ) sedang sampah organic dapat diproses dikelola menjadi pupuk kompos yang berguna untuk rabuk tanaman.

Sumber pengalaaman pribadi ( gambar google.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: