MEDIA SIMPAN

MACAM MACAM MEDIA SIMPAN

Media simpan adalah alat yang dapat digunakan untuk menyimpan data / program alat simpan dapat dibedakan menjadi 2 kelas media simpan secara internal (internal strorage) yang sering disebut dengan primary storage (penyimpanan utama) dan media simpan eksternal (external storage).

Umumnya media simpan bekerja bila dijankan dengan alat yang dapat dioperasikan dengan alat alat elektronik baik komputer, vedio, camera digital dan pesawat selurer HP.

BAGAIMANA MENGENAL MEDIA SIMPAN DIDALAM KOMPUTER

Media simpan internal (internal strorage)

Media simpan yang ada didalam komputer yang terbagi 2 macam media simpan dalam bentuk alat  Memory adalah sebagai alat simpan yang bekerja sesuai dengan fungsinya baik memory berbentuk RAM (random  access memory) yang berfungsi sebagai penyimpanan program yang akan diolah untuk bersifat sementara sedangkan ROM (read only memory) adalah memory yang hanya dapat dibaca dan digunakan sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

Media simpan eksternal (external storage).

Media simpan eksternal (external storage) adalah media simpan yang ada di luar alat computer. yang dibedakan media simpan elektronik, media simpan optic dan media simpan maknetis.

Media simpan elektronik, dapat berbentuk flash disk merupakan menyimpanan data mnggunakan teknologi USB (universal serial bus) yang mudah dimasukan kedalm port USB yang tersedia dialat computer  CPU.

Media simpan optik, dapat berbentuk CD (compact disc), CD-R (Recordable) CD-RW (ReWritable), DVD (digital versatile disc) drive , yang semua dapat bekerja dengan sinar optic /laser sebagai alat sensor dalam mencari data dalam optical disk

Media simpan Maknetis, seperti disket piringan logam yang dimasukkan pada diskdrive / floppy disk drive (cakram) bekerja dengan head yang berupa kumparan dan dapat membaca  menulis media simpan ini memiliki kapasitas simpan terbatas 1-2 Mega byte (MB) saja . Sedang harddisk dapat menyimpan data yang cukup besar 1,2 Giga byte (GB), 80 Giga byte (GB) dan bahkan lebih.

Ada media simpan lainnya seperti memory flash (memory Card) atau MMC berbentuk kecil dan tipis yang dapat dimasukkan kea lat computer laptop yang memilki fasilitas memory card memory flash dapat dibaca oleh computer melalui media Card reader ( membaca kartu) dan samapi saat ini media simpan berbentuk card (kartu) memiliki kapasitas  64 mega byte (MB) sampai dengan 4 giga byte (GB).

Sumber totopribadi ( pengetahuan umum tentang komputer )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: