KEYBOARD

PENGERTIAN KEYBOARD

Keyboard adalah piranti dari perlengkapan alat komputer arti bahasa Indonesia dinamakan papan tut / papan tombol yang memilki bagian berupa tombol tombol untuk tujuan pengetikan kalimat dan simbul simbul khusus dan bagian tombol key board dikelompokkan meliputi tombol numeric key pad, alpha numeric key pad dan fungtion key pad.

Umumnya bentuk key board persegi panjang dan memilki model model yang berbeda dengan key board model yang lain. Dan cara menggunakan keyboard dapat dihubungkan dengan kabel menuju pada alat komputer yang disebut dengan alat CPU.

Alat key board pertama kali diciptakan oleh Christopher Shaoles pada tahun 1868 waktu itu digunakan mesintik dan banyak dipasarkan mulai tahun 1877 untuk kelengkapan komputer jenis komputer desktop.

MENGGUNAKAN KEYBOARD DENGAN 10 JARI 

Mengetik dengan menggunakan tangan 10 jari merupakan suatu keharusan mengetik memerlukan teory pengetikan melalui posisi yang benar akan menghasilkan hasil pengetikan lebih cepat dan hasil lebih sempurna. Dan tombol tombol kunci meliputi tombol sebelah kiri A, S, D, F dan sebelah kanan J, K, L : ; 

BAGIAN  KEYBOARD 

Keyboard memiliki beberapa bagian meliputi Bagian tombol : Numeric key pad, yang terdiri dari tombol tombol pada bagian atas tombol F1. F2, F3, dan F12 Apha numeric key pad, terdiri dari kumpulan tombol yang ada dibagian tengah dengan tombol huruf dengan tanda abjat A s/d Z atau a s/d z Numeric key pad, tombol pada bagian kanan yang memilki tombol ganda misalnya Page down dengan tombol angka 1, jika ingin mengaktifkan salah satu fungsi tombol angka cukup menekan tombol numlock. Dan susunan abjat yang menyebar di tengan sudah merupakan susunan secara umum dibagian atas juga ada abjat yang memiliki tombol character khusus missal tombol @, #, $, %, ^, &, *, (, ), * _ + dll. Character ini dapat difungsikan bila bersaman dengan tombol lain misalnya tombol shift dan tombol a ( menjadi huruf besar A ). Jumlah tombol yang ada pada komputer desktop hampir kurang lebih 104 tombol sedang komputer laptop, note book cukup 52 tut karena fasilitas tempatnya terbatas.

KEGUNAKAN ALAT KEYBOARD

Tombol tombol dibawah ini sering dipergunakan pada waktu mengetik data misalnya penggunaan tombol : Tombol Tab, digunakan mengatur jarak spasi 8 charakter Tombol Caps Lock, digunakan untuk mengunci huruf besar Tombol Shift, digunakan mengubah sementara huruf besar Tombol Ctrl, digunakan mengoperasikan perintah dengan 2 tombol Tombol Spasi ( tombol bentuk panjang ), digunakan mengatur jarak spasi Tombol Delete digunakan menghapus 1 character di sebelah kanan kursor Tombol Num Lock, digunakan mengatifkan tombol berisi 2 fungsi Tombol Backspace, digunakan menghapus character dari samping kanan ke kiri dari posisi kursor. Tombol Enter, digunakan untuk mengakhiri perintah untuk mendapatkan respon setelah diketik. Tombol Page Down, digunakan melihat perhalaman dari atas ke bawah Tombol Page Up, digunakan melihat perhalaman dari bawah ke atas Tombol Home, digunakan mengembalikan pada halaman pertama Tombol End, digunakan menuju halaman terakhir Tombol Alt, Tombol  Ctrldan Del, bersamaan digunakan pada saat komputer hang (trobbel).

Sumber totopribadi ( pengetahuan umum tentang komputer )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: