KASIH SAYANG IBU

KASIH SAYANG SEORANG IBU YANG MENCINTAI DAN MENYAYANGI

Bagaimana peran seorang Ibu yang sering kita panggil Ibu Ibu setiap hari atau dengan kata ucapan mama atau umi betapa besar kasih sayang ibu yang diberikan kepada anaknya, ingat sosok seorang ibu pada waktu mengandung mulai dari 1 bulan sampai 9 bulan betapa berat dan betapa susahnya, dan pada saat melahirkan cukup bertaruh nyawa mati atau hidup baik sang ibu dan anak. 

Sungguh besar jasanya dan begitu berat seorang ibu pada saat mengandung, melahirkan dan mengasuhnya ketika  masih kecil aku dipinang di buhai  di asuh dan didik kelak aku dewasa itupun kasih sayangnya tetap melekat sampai aku tua rentah. Nah bagaimana aku harus bisa membalas jasa jasa ibuku yang penuh dengan kasih sayang  sepanjang hayatku dan aku tidak mungkin membalas jasa jasanya yang begitu besar hanya bisa berdo’a dan selalu berdo’a agar diampuni dosa dosanya.

Berbaktilah  kepada kepada kedua orang tua khususnya seorang ibu merupakan suatu kewajiban bahkan dalam konsep islam dijelaskan dalam sabda Nabi ketika ditanya oleh sahabat  tentang orang tua yang paling utama diberi kehormatan seorang sahabat ertanya, “Ya Rasulullah, siapa yang paling berhak memperoleh pelayanan dan persahabatanku?” Nabi Saw menjawab, “ibumu…ibumu…ibumu, kemudian ayahmu dan kemudian yang lebih dekat kepadamu dan yang lebih dekat kepadamu.” (Mutafaq’alaih). “ Ibumu, Ibumu, Ibumu 3 kali setelah itu Ayahmu 1 kali “ ini membuktikan betapa besar  dan tingginya derajatnya atau  kedudukannya dihadapan sesame manusia sampai di umpamakan  surga  ada ditelapak kaki ibu.

Nah bagimana sikap kita terhadap kekedua orang tua kita peran kedua orang tua tetap untuk dihargai dan dihormati karena keduanya bagian dari orang tua yang dapat menghantarkan kalian menjadi seorang anak yang shaleh dan shalehah, berhasil dan tidaknya tergantung kedua peran orangnya dalam membimbing mendidiknya kelak kalian menjadi dewasa. Rasulullah Saw ditanya tentang peranan kedua orang tua. Beliau lalu menjawab, “Mereka adalah (yang menyebabkan) surgamu atau nerakamu.” (HR. Ibnu Majah)

itulah renungan yang bisa saya berikan mudah mudahan kita selalu tetap mencitai dan menyayangi kedua orang tua kita dan apabila terdapat kekurangan kesalahan itu dari kami, dan bila benar itu dari Allah SWT.

Nah berikan komentar betapa besar perjuangan seorang ibu dalam kehidupan  kita untuk mengantarkan anak atau generasi generasi menuju masa depan yang lebih baik.

Sumber  Toto pribadi – Al amin

 

1 Comment (+add yours?)

  1. totopribadi
    Oct 06, 2011 @ 04:49:54

    Sosok seorang ibu yang telah melahirkan sang bayi dengan taruhan nyawa patutlah sang ibu untuk di agungkan.
    Ibu yang banyak memberikan andil dalam kehidupan menjadi seorang ibu patut dhormati dan dihargai

    thank”s

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: