BROWSER

Pengertian BROWSER

Browser  salah satu aplikasi program ( perangkat lunak ) yang dapat digunakan untuk menampilkan dan berinteraksi dengan gambar data dokumen lain yang dikelola melalui alamat web pada sebuah situs yang diketahui melalui alamat Web WWW. (world wide web) atau LAN (local area network).

Alamat web yang disediakan oleh internet dapat berhubungan (hyperlink) dengan  jaringan internet lainnya melalui jaringan web dan situs situs (search the web) sangat berguna untuk mendapatkan informasi pengetahuan.

MACAM MACAM BROWSER

Browser dapat dijalankan melalui alat computer / personal computer ( PC )  atau komputer laptop. Browser dapat menggunakan fasilitas browser dengan menjalanakan program Internet eksplorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape dan Aplle Safari dan lainnya dan masing masing browser ini memiliki keunggulan dan tampilan yang berbeda beda.

BAGIAN BAGIAN BROWSER

Tampilan home page pada alamat web dapat dilihat dari sisi web pada google.com

1.    Titel bar menujukan judul dan bagian jaringan program internet aktif

2.    Baris menu ( tab menu) menampilkan fasilitas menu menu misalnya tab menu File, Edit, View, Favorites, Tools dan Help.

3.    Gambar ikon (baris tombol) dengan fasilitas gambar ikon Home, berbentuk gambar rumah digunakan untuk membawa pengguna kembali ke halaman homepage, Back, gambar ank panah dipergunakan kembali pada web yang baru dikunjungi sejak browser dijalankan Forward, digunakan menuju web berikut pada saat tombol back dijalankan Stop, gambar silang merah digunakan membatalkan / menghentikan untuk mendapatkan web dari halaman sesudahnya ( web serve)

4.    Alamat web / kotak URL (uniform resource locatore) tempat alamat web site yang akan dituju secara langsung alamat web berjalan sesuai dengan nama alamat web. Pesan go dibagian pojok kanan artinya menjalankan web browser yang pernah dijalankan dikunjungi dari web serve sebelumnya.

5.    Situs situs (Hyper Text link) menghubungkan atau menuju pada halaman web yang lain biasanya pesan link (bentuk gambar tangan) menunjukkan  situs  belum pernah dibuka tanda warna biru sedangkan yang sudah dibuka dengan menunjukkan warna tanda ungu.

6.    Bagian scroll bar ( menggerakkan halaman jendela web )

 

Sumber totopribadi ( pengetahuan umum tentang internet )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: