SMK SG MENUJU SEKOLAH (SBI)

SMK SG  MENUJU SEKOLAH ( SBI )

MENUJU RINTISAN – SEKOLAH BERTARAP INTERNASIONAL ( R-SBI )

Untuk mengembangkan pendidikan yang berkualitas yang memiliki keahlian sesuai dengan kemampuan kecakapan hidup ( life skill ) yang ada di SMK Semen Gresik tentu sepatutnya dan waktunya Sekolah Semen Gresik yang cukup favorite di kota Gresik untuk melopori   beralih menuju sekolah Sekolah Bertarap Internasional ( SBI ) yang memiliki keunggulan di bidang  IMTEK yang berwawasan lingkungan serta mampu bersaing dalam menghadapi era globalisasi.

Dalam hal ini yang perlu kita awali untuk mengembangkan / memperbaiki kurikulum sekolah ( artinya menyesuaikan kurikulum sesuai dengan kebutuhan tamatan siswa ke depan lebih dibutuhkan ) dan mengapa kita kearah itu karena tamatan siswa Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK )  dituntut untuk bersaing dan berkompetisi di dunia usaha baik berkompetisi dalam negeri dan luar negeri serta menguasai mesin mesin teknologi yang perkembangan pada saat ini halini merupakan tantangan bagi lulusan SMK khususnya Sekolah Menengah Kejuruan Semen Gresik.

SARANA DAN PRASARANA

Sarana dan prasarana yang presentatif  baik sarana praktik  dan ditunjang dengan  fasilitas fasilitas lainya seperti lab. komputer, tempat sarana olaraga, musholla, kantin, aula, tempat parkir, lingkungan yang asri dan kemampuan guru yang memiliki keahlian sesuai dengan bidang studinya masing masing adalah bagian yang dapat menunjang sekolah tersebut.

KEAHLIAN SISWA MAMPU BERSAING DI DUNIA USAHA.

Keahlian siswa yang memiliki kompetensi akan mampu bersaing  bila kurikulum lebih didekatkan diaplikasikannya dan tidak lagi kurikulum untuk mengejar menuntut ketuntasan materi tetapi lebih diutamakan pendekatan kompetensi menuju kecapaian tujuan (life skill) dan anak lebih didekatkan pada obyek obyek pembahasan memahami kemampuan siswa memberi contoh dan melakukan pengamatan sehingga anak faham dan mampu untuk mengaplikasikannya belajar tidak cukup menguasai teori tetapi yang lebih penting adalah aplikasinya dengan harapan anak akan lebih berharga pada saat bekerja di dunia usaha.

KEMANA SISWA SETELAH LULUS

Dengan bekal ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki selama mereka belajar tentu akan memilih yang terbaik apa mereka harus bekerja atau mungkin meneruskan pendidikan sesuai dengan kemampuannya dan keahliannya dan bila lebih kuat pada penguasaan ketrampilan siswa lebih cenderung bekerja ( membuka lapangan kerja / bekerja secara mandiri ) yang dapat bermanfaat pada kehidupan lingkungan setempat.

HARAPAN KEDEPAN

Dalam rangka untuk merintis Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menuju Sekolah Bertarap Internasional (SBI) ada 4 hal pemikiran diantaranya :

  1. Mengembangkan kurikulum yang ada ( menambah muatan lokal untuk menyesuaikan tamatan siswa sesuai dengan kebutuhan masyarakat )
  2. Perlu adanya menambahan alat alat praktik dan menyesuaikan alat alat mesin sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini.
  3. Pelatihan pelatihan guru bidang studi sesuai dengan keahliannya
  4. Peran Kepala sekolah, guru serta lembaga terkait.

Demikian sekilas pandangan tentang harapan sekolah menuju rintisan sekolah bertarap internasinal (R-SBI) demi kemajuan dan kesuksesan sekolah tentu harapan kita semua dalam rangka memberikan yang terbaik kepada anak didik kita untuk mencetak generasi genarasi yang berkualitas mampu bersaing dalam hidupnya baik di dunia usaha dan dunia internasional.

 

Sumber : toto pribadi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: