REMAJA MENUJU KEDEWASAAN

MENGENAL REMAJA MASA KINI

Remaja adalah masa masa yang sangat berhagia dan seseorang dapat dikatakan remaja bila seorang sudah berusia antara 12 tahun sampai dengan 21 tahun yang memiliki ciri ciri khusus dan mengalami perkembangan perubahan baik secara fisik dan spikis dapat dilihat dari perkembangannya remaja.

Masa remaja perkembangannya dapat dilihat dari perubahan perubahan yang meliputi masa peralihan, masa transisi, masa puber, masa sturm und drang, masa adolesen dan masa akil balig ( masa dewasa menurut agama ).

 

PERKEMBANNGAN MASA MASA REMAJA

Memang pada masa masa remaja masa yang sangat membahagiakan karena pada saat itu reaja memiliki keinginan keinginan yang luar biasa ( ingin taunya tinggi ) dan perkembangan masa remaja nampak dan terjadi diantarnya perkembangan fisik, terjadi sangat cepat terutama pada tubuh, tulang tangan dan kaki dan terdapat otot tubuh, keadaan ini yang menyebatkan remaja cepat tinggi, tetapi kepalanya masih mirip anak anak. dan perkembangan seksual pada anak laki laki misalnya alat reproduksi sperma pertama kali secara sadar mengalami / mengeluarkan sperma, mulai tumbuh menonjol buah jakun di lehernya yang dapat membuat suara besar sedang diatas bibir dan sekitar kemaluannya mulai tumbuh bulu bulu dan tidak ketinggalan tumbuh jerawat sebagai tanda aktifnya kelenjar keringat. Sedang untuk perempuan dapat terjadi alat reproduksi sel telurnya mulai matang, sehingga menimbulkan menstruasi ( dating bulan ) yang pertama kali. Hal ini menunjukkan bahwa remaja putri rahimnya sudah dapat dibuahi atau sudah bisa hamil bila terjadi berhubungan. Dan mulai muncul bulu bulu rambut di sekitar rahim juga mulai penimbunan lemak yang membuat buah dada mulai tumbuh dan pigul mulai membesar dan bulat serta paha membesar.

  

 

 

 

CARA BERPIKIR KAUSALITAS

berpikir remaja pada umumnya :

Berpikir kuasalitas ialah cara berpikir remaja yang mulai kritis perintah dan larangan yang ditunjukkan kepadanya tidak begitu saja diterima apabila tidak jelas alasan alasannya.

1. Memiliki rasa emosi yang meluap luap remaja memiliki rasa emosi yang tinggi tetapi cukup labil, hal ini terjadi karena pertumbuhan hormone dalam tumbuhnya.

2. Cara berpikir dan berbuat remaja lebih dikuasai emosionalnya dari pada pikirannya, sehingga tingkah lakunya kadang kadang positif, tetapi dilain waktu bertingkah laku negative, bahkan ada yang sampai terjerumus pada hal hal yang sangat kurang baik.

3. Mulai tertarik pada lawan jenis jika remaja sudah mengijak dewasa baik laki maupun perempuan dan selalu ingin menunjukkan dirinya yang ingin selalu dipuji dan diperhatikan.

4. Selalu ingin berkelompok sesame kelompoknya dan lebih mementingkan kesempatan atau norma yang berlaku di kelompoknya dari pada yang lain.

Dari beberapa ciri tersebut remaja hendanya selalu mampu memahami, mengerti tentang kondisi yang terjadi pada dirinya perkembangan pada dirinya kita anggab kewajaran seorang remaja tetapi dengan perkembangan tersebut selalu diibangi dengan sifat prilaku kedewasaan dan berharap selalu meningkatkan keimanan pada dirinya agar perkembangan para remaja dapat terkendali dengan baik dan terhindar dari perbuatan perbuatan yang negative yang dapat merugikan remaja itu sendiri.

 

Sumber  Toto pribadi ( buku psikologi pemuda )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: