KITA SELALU BERSABAR

PENGERTIAN SABAR :

Pengertian sabar adalah menahan diri dari segala bentuk ujian atau cobaan baik cobaan yang bersifat senang dan bersifat sedih dan susah  yang diberikan oleh Allah SWT. Kepada hambanya dan orang diberi kaya raya dalam hidupnya itu bagian dari cobaan pada manusia tersebut, dan diberi miskin, musibah juga cobaan dan bagaimana kita menyikapi dari cobaan tersebut seseorang memiliki hati yang sabar termasuk salah satu dari beberapa akhlak yang terpuji.

Nah mari kita renungkan tentang arti sabar pertama sabar dalam hal untuk menjalani suatu perintah jika perintah bersifat wajib tentu kita harus mengerjakan / menjalankan ke dua jika perintah dalam bentuk larangan tentu kita tinggalkan artinya bisakah kita meninggalkan dengan perintah perintah tersebut tentu amat berat dan bersabar dalam hal ini yang menjadikan sesuatu keinginan yang menjadikan kita bertentangan dengan batin kita.

PELAJARAN YANG BERHARGA  BAGI ORANG YANG BERSABAR :

Dan kami telah ingat Kisah suritauladan Nabi Ibrahim AS. Tentang kesabaran merupakan pelajaran yang berharga bagi kita semua karena dalam hidup kita tidak terlepas dengan banyaknya ujian ujian baik ujian menghadapi tantangan hidup yang begitu sulit, tantangan menghadapi orang yang mendholimi pada diri kita dan banyak lagi yang dihadapinya. Ujian kesabaran yang dialami Nabi Ibrahim As. Terdapat 4 hal yang dapat kita pakai sebagai pelajaran yaitu bagaimana dialog Nabi Ibrahim dengan putranya Ismail, menyampaikan pesan perintah dari Allah SWT. Tentang penyembelian, menggunakan bahasa yang rendah lemah lebut dan kehati hatiannya agar putranya pengerti dengan hati ikhlas, berdialog kepada sang putranya Ismail dengan penuh pertimbangan pertimbangan dan penuh kehatian dalam menyampaikan dengan hati sabar.

KESABARAN DALAM MENGHADAPI COBAAN :

Adapun kesabaran yang kita maksud bagaimana cara kita menghadapi cobaan tersebut cobaan dalam bentuk apapun yang diberikan kepada kita merupakan ujian yang harus kita hadapi dengan kesabaran dan keikhlasan dan siapa yang sabar dalam menghdapi ujian berarti lolos dari ujian dari Allah SWT.

MACAM MACAM COBAAN DALAM HIDUP KITA :

Cobaan yang menimpa pada diri kita banyak sekali baik cobaan berupa menghadapai musibah, krisis ekonomi ( kekurangan ), rasa ketakutan, kelaparan, kekurangan harta dan diberi kaya raya dan lain sebagainya itu juga ujian. Dan orang yang beriman memiliki ciri ciri jika diterpa musibah maka mengucapkan “ Inna Lillahi wa Inna ilaihi raaji’un “ ( artinya sesungguhnya kami ini milik Allah dan kepadaNya kami kembali ), orang yang demikian selalu mendapatkan keberkahan sepurna dari Allah SWT. dan mendapat tempat yang terpuji yaitu surga seperti yang difirmankan dalam ( Q.S Al-Baqoroh ayat 155 – 156 ) yang artinya :

( Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, Jiwa dan buah-buahan, Dan berikanlah berita gembira kepada orang orang sabar, ( yaitu ) orang orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan Inna Lillahi wa Inna ilaihi raaji’un. Mereka itulah yang mendapatkan keberkahan yang sepurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang orang yang mendapat petunjuk ).

Dan juga dijelaskan dalam hadis sebagai berikut :

Sabar adalah separo iman dan keyakinan adalah seluruh keimanan” (HR. Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi)
Tidak ada suatu rezeki yang Allah berikan kepada seorang hamba yang lebih luas baginya daripada sabar”. (HR. Al Hakim)
Sabar yang sebenarnya ialah sabar pada saat bermula (pertama kali) tertimpa musibah” (HR. Bukhari)
Ada tiga hal yang termasuk pusaka kebajikan, yaitu merahasiakan keluhan, merahasiakan musibah dan merahasiakan sodaqoh (yang kita keluarkan)” (HR. Ath-Thabrani)
Orang yang bahagia ialah yang dijauhkan dari fitnah-fitnah dan orang yang bila terkena ujian dan cobaan dia bersabar” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Dan bagaimana jika diberi rejeki yang berlimpah tentu kita selalu bersyukur. Dengan mengucapkan “ Alhamdulillah hirobbil alaamin “ demikian sedikit renungan hati bila terdapat yang kurang berkenan di hati saya sebagai manusia tak luput dari kesalahan jika benar itu semua datangnya dari Allah SWT. mudah mudahan renungan ini menjadikan kita lebih hidup yang lebih baik.

Sunber : toto pribadi – Al amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: