KIAT MERAIH SUKSES HIDUP

 

KIAT MERAIH SUKSES HIDUP

Dalam suasana yang penuh bahagia di tempat yang suci dipojok teras Musholla duduk bersama setelah menjalankan sholat dhuhur berjamaah keduanya siap memakai kaos kaki dan bersepatu spontan entah pikiran apa yang menggelitik shahabat bertanyak ( berbincang bincang santai ) dengan penuh keseriusan….

( Akang pangilan akrap saudara / sahabat tua atau dituakan sedangkan Ahki panggilan akrap saudara / sahabat lebih muda )

 

TERJADILAH DIALOG INTERAKTIF ?

Ahki-toto bertanya : Maaf Kang Ali bagaimana menurut akang kebiasaan anak anak muda khususnya anak SMK-SMA mempersiapkan diri untuk masa depannya ?

Kang Ali menjawab : ( Diam menantang tajam ke hadapan mata Ahki ) ada apa sepertinya ada sesuatu yang penting

Ahki-toto bertanya : Ahh. Nggak saya ingin Kang Ali memberikan wawasan gimana untuk meraih sukses hidup kedepan anak anak kita.

Kang Ali menjawab : Kesuksesan, kemapanan apapun dan keberhasilan tidak datang tiba tiba tetapi harus dipersiapkan dan dicari yang penting di Ilmoni ( jiwa )

Ahki-toto bertanya : Ilmu apa yang paling penting ?

Kang Ali menjawab : Dua duanya yaitu Ilmu umum dilengkapi dengan ilmu agama, Ilmu dunia disempurnakan ilmu akherat.

Ahki-toto bertanya : Untuk mencari ilmu seperti itu mulai kapan dan dimana ?

Kang Ali menjawab : Hakekatnya pembinaan menuntut ilmu sudah mulai dari ayunan bunda sampai wafat ( long live education ) dimana tempat tidak ada batasan dimana saja boleh.

Ahki-toto bertanya : Akang melihat anak muda sekarang gimana ?

Kang Ali menjawab : Anak muda sekarang keinginannya serba wah serba enak tetapi tidak diimbangi dengan ikhtiar terutama dari jalan menuntut ilmu, baik ilmu umum maupun ilmu agama.

Ahki-toto bertanya : Coba terangkan contoh yang konkrit aja kang.

Kang Ali menjawab : Anak yang baik kebanyakan ingin ahli ini ahli itu, tapi membuat ahli tidak ada semangat bahkan biasa biasa saja. Ingin menjadi seorag ahli sesuai bidangnya ( katakan ahli super ) harus ditempuh dengan cara semangat yang tinggi ( disiplin, tekun dan di barengi munajat untuk memohon pada Allah ).

Ahki-toto bertanya : Apa hubunan orang yang sukses dengan Allah.

Kang Ali menjawab : Ohhh. Sangat erat sekali khi, ingat riski, jodoh dan pati ( mati ) itu urusan Allah bagaimana munkin kepingin sukses tapi tidak dekat kepada Dzat yang punya hak yang memberi sukses. Lebih mudahnya mengikuti petunjuk kalau ingin bahagia dan sukses di dunia harus dengan llmu kalau ingin sukses akherat harus dengan ilmu.

Ahki-toto bertanya : Kang jadi kunci sukses itu adalah Ilmu.

Kang Ali menjawab : Jelas…….. betul khi !!!!

Ahki-toto bertanya : Agar kesuksesan itu tidak semu atau hanya sementara apa kiatnya Kang…

Kang Ali menjawab : Kita selalu menuntut / mendampingi Ilmu dengan iman ingat pandai ilmu agama saja kita pincang dalam menjalani kehidupan dan pandai ilmu dunia tanpa agama akan buta ( bukan buta matanya ahki ) buta hatinya…seperti yang difirmankan dalam ( Q.S. Mujaadilah ayat-11 ).Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majelis”, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.. Derajat adalah sukses dunia dan sukses akherat.

Ahki-toto bertanya : Benar kang apalagi kita sebagai seorang muslim ahki pernah membaca hadis riwayat (HR. Ibnu Majah) “ Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah). Dan riwayat (HR.Muslim) “ Barangsiapa merintis jalan mencari ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga”. dan bagaimana cara untuk  melestarikan ilmu itu ?

Kang Ali menjawab : Yo.. ayo rek…bareng istiqomah selalu berdo’a “ Ya Robbi tambahkan ilmu kami, karuniakanlah kefahamanku dan kecerdasanku dalam menghadapi hidup dan kehidupan ini amin…. Amin….

Ahki-toto berkomentar : Terima kasih kang…. Sampai ketemu lagi …….

 

Sumber : Ali Mustofa

3 Comments (+add yours?)

  1. totopribadi
    Nov 11, 2010 @ 03:07:12

    Sebaiknya remaja perlu penguatan iman sedini mungkin mulai dari mereka mendapatkan pendidikan dasar di sekolah anak hendaknya memiliki iman yang kuat untuk dapat menyaring dampak dampak negatif yang masuk pada diri mereka

    hq–

    Reply

  2. Wiwiek Rahayu
    Nov 29, 2012 @ 08:05:59

    sukses bukan tiba-tiba datangnya, perlu belajar ma berdoa, buktinya ya rapot, dan piala yang terpajang dirumah ( kerja keras )
    ayo buktikan…baru bilang ” akulah yang pertama “

    Reply

    • totopribadi
      Dec 01, 2012 @ 09:57:28

      Kesuksesan seseorang dipengaruhi 3 faktor yaitu 1) Berinspirasi atau bercita cita 2) Berusaha semaksimal mungkin untuk mencari kesuksesan, 3) berdo’a dan selalu berdo’a dalam setiap kesempatan. Jika 3 hal sudah dilakukan semua akan ada jalan dan setiap usaha apapun jika dilakukan dengan sungguh sungguh pasti akan berhasil.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: