CANDI BOROBUDUR

CANDI BOROBUDUR

Candi borobudur merupakan aset wisata banyak dkunjungi wisata / turis manca negara dan pada musim liburan sekolah.

Candi Borobudur salah satu peningalan nenek moyang bangsa kita kita tetap melestarikan agar tetap selalu dikenang sampai akhir zaman. Candi Borobudur terletak kota Magelang jawa tegah berlokasi 100 km di sebelah barat daya dari kota Semarang dan 40 km di sebelah barat laut kota yogyakarta dan  candi ini dibangun pada abad ke 8 pada saat kejayaan dinasti syailendra dan sanjaya dan didirikan dengan bangunan batu yang tersusun rapi yang semasa itu telah diperintahkan atas perintah Raja sanmaratungga. Bangunan candi banyak yang melambangkan simbol-simbul persebahan dan keagungan sang pencipta dibagian didnding terdapat lelief yang berisi tentang cerita sejarah dan panjang relief sepanjang  3 km yang berisi 1.460 adegan dan 1.212 terdapat relief dekoratif disekitar terdapat 505 buah arca baik arca ukuran besar dan kecil.

PEMUGARAN CANDI BOROBUDUR

Dan menurut sejarah candi yang megah ini sebelumnya mengalami kerusakan yang cukup berat dengan banyaknya candi yang tertimbun tanah yang mirip pebukitan yang tidak terurus dan pada saat itu Thomas Stanford Raffles pada tahun 1814 memerintahkan untuk perbaikan pembongkaran pada bukit tersebut ditemukan candi dalam keadaan rusak berat dan untuk mengembalikan dapat dilakukan rehap pada tahun 1907 sampai tahun 1911 dan pada saat itu pemerintahan kita masih dikuasai dan dijajah oleh Belanda dan selanjutnya candi Borobudur diadakan perbaikan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1973 sampai tahun 1983 dengan bantuan dana dari Unesco.

SEJARAH SINGKAT CANDI BOROBUDUR

Sejarah candi Borobudur dibangun dengan bangunan bertingkat terdiri 10 tingkat terdiri stupa besar berdiameter 9.9 meter dan tinggi 7 meter dan 6 tingkat di bawah dan menurut para ahli seorang sejarawan Belanda bernama Dr. J.G Casparis 10 tingkat pada candi Borobudur telah melambangkan filsafat agama budha Mahayana yang disebut dengan “ Dasabodhisatwabhumi “ artinya pada tingkat ke 10 adalah tingkat pencapaian tertinggi mengandung arti mencapaian yang sempurna menjadi seorang budha.

CANDI BOROBUDUR SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN

Dalam sejarah bangunan candi Borobudur adalah bagian dari ilmu pengetahuan tentang mengenal sejarah Indonesia dan masih banyak lagi sejarah tentang candi di jawa seperti candi prambanan, candi medut, candi kalasan dan masih banyak lainnya. Dan candi Borobudur sering dikunjungi oleh turis panca Negara dan juga dikunjungi oleh pelajar dalam rangka kegiatan study tour mengenal sejarah candi Borobudur dari dekat untuk menambah pengetahuan dan mengenal kejayaan dan kekayaan asset bangsa tentang peninggalan sejarah dan juga banyak dikunjungi pada saat liburan sekolah oleh anak anak untuk kepentingan wisata. Dan juga disekitar candi disediakan fasilitas, penginanpan, restoran, cindera mata untuk pengunjung dan pemutaran film serta para pemandu pemandu yang telah dididik khusus mengenal tentang sejarah candi Borobudur.

Sumber toto pribadi ( sejarah Indonesia dan pengalman pribadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: