KOGNISI DAN PSIKOMOTORIK

KEMAMPUAN KOGNISI DAN PSIKOMOTORIK

Pendidikan di suatu negara bisa dikatakan pendidikan yang maju dan modern apabila pendidikan yang mengacu pada pendidikan yang berbasis teknologi dan selalu mengedepankan ilmu pengetahuan dan teknologi modern dan dituntut dalam mengembangkan ilmu pengetahuan siswa memiliki pengetahuan dan ketrampilan dan kreativitas disiplin sesuai dengan kemampuan bidang ilmu pengetahuan.

PENGEMBANGAN KURIKULUM.

Kurikulum merupakan suatu acuan yang dapat menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan yang berkembang pada saat ini itulah yang disebut dengan pendidikan modern. Pendidikan yang harus dapat mengikuti perkembangan pada suatu Negara lainnya agar kita selalu dapat sejalan dengan perkembang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Pendidikan hendaknya cukup diukur dengan kemampuan kognisi tetapi kemampuan psikomotoriknya yang harus kita pikirkan pandai dalam teori belum tentu pandai dalam praktiknya sehingga banyak lulusan siswa / perguruan tinggi yang belum dapat memanfaatkan menguasai perkembangan teknologi.

Melalui pendidikan yang berbasis teknologi diharapkan lulusan dapat menciptakan lulusan yang trampil , kreatif, yang memiliki kemampuan ilmu pengetahuan yang berwawasan luas dan dapat bersaing berkompetitif di dunia luar di era globalisasi.

HARAPAN KE DEPAN

Kami mengharap melalui paparan ini hendanya lulusan siswa tetap untuk diterapkan melalui ujian nasional yang dapat memberikan ukuran kemampuan siswa dilihat dari kognisinya / ILMU pengetahuannya dan kemampuan psikomotoriknya tentu perlu juga diberikan dan ditentukan melalui pola ujian praktik yang dapat mengukur kemampuan siswa dibidang ketrampilannya.

Maka dengan demikian pendidikan tidak cukup berhasil dengan nilai tinggi melalui ujian nasional namun kemampuan di bidang psikomotoriknya cukup rendah.

Kurikulum pendidikan hendaknya diserasikan dan disesuaikan dengan perkembangan jaman saat ini yang begitu cepat sarana buku sebagai acuan pendukung pendidikan yang relevan sebaiknya disediakan dan sarana praktik laboratorium di lengkapi dan juga tugas tugas siswa terus untuk ditingkatkan sehingga siswa akan dapat mengaktualisasi disiplin ilmunya dalam kehidupan di tengah tengah lingkungan masyarakat.

Sumber, toto pribadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: