PASSWORD

 

MENGENAL TENTANG PASSWORD
 

PENGERTIAN PASSWORD

Istilah dengan kata password dapat kita jumpai dari beberapa sumber dari kamus dan sumber istilah password diinternet dan masing masing memiliki arti dan makna yang sama walaupun ada sedikit perbedaan. Password dapat diartikan kata kunci yang dapat diketahui oleh orang orang tertentu dalam kode kode tertentu dan password dapat digunakan dalam kegiatan kegiatan yang sifatnya penuh dengan rahasia.

 

Kata sandi (Inggris: password atau passphrase) adalah kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna (multiuser) untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut.

 

PASSWORD UNTUK KEAMANAN

Sistem keamanan akan membandingkan kode-kode yang dimasukkan oleh pengguna (yang terdiri atas nama pengguna/user name dan password) dengan daftar atau basis data yang disimpan oleh sistem keamanan sistem atau jaringan tersebut (dengan menggunakan metode autentikasi tertentu, seperti halnya kriptografi, hash atau lainnya).

 

Jika kode yang dibandingkan cocok, maka sistem keamanan akan mengizinkan akses kepada pengguna tersebut terhadap layanan dan sumber daya yang terdapat di dalam jaringan atau sistem tersebut, sesuai dengan level keamanan yang dimiliki oleh pengguna tersebut. Idealnya, kata kunci merupakan gabungan dari karakter teks alfabet (A-Z, a-z), angka (0-9), tanda baca (!?,.=-) atau karakter lainnya yang tidak dapat (atau susah) ditebak oleh para intruder sistem atau jaringan.

 

Meskipun begitu, banyak pengguna yang menggunakan kata sandi yang berupa kata-kata yang mudah diingat, seperti halnya yang terdapat dalam kamus, ensiklopedia (seperti nama tokoh, dan lainnya), atau yang mudah ditebak oleh intruder sistem.

CONTOH DAN BENTUK PASSWORD

Password selain dipergunakan dalam kegiatan pada jaringan internet website atau bloger juga diberikan pada suatu nama file pada suatu program di komputer seperti nama file pada ( program Microsoft word, program excel, program Microsoft power point dan memberi password pada suatu nama e-mail, face book,  bloger dan web jaringan computer ) Jika kode password yang dibuat dengan sandi yang dibandingkan cocok, maka sistem keamanan akan mengizinkan akses kepada pengguna tersebut terhadap layanan dan sumber daya yang terdapat di dalam jaringan atau sistem tersebut, sesuai dengan level keamanan yang dimiliki oleh pengguna tersebut.

Idealnya, kata kunci password dapat berupa kata kata gabungan dari beberapa karakter teks alfabet baik huruf besar dan kecil (A-Z, a-z), dan gabungan angka (0-9), tanda baca (!?,.=-) atau karakter lainnya yang masuk dalam sandi password bentuk tanda bulat bulat seperti tanda karakter sebagai berikut : ( ●●●●●●●● )  kode password biasanya dibuat lebih dari satu masuk pada password to open dan password to modify nah kata sandi  berbentuk bulat bulat yang mengetahui adalah orang orang tertentu dalam menentukan kata sandi dalam password tersebut.

 

Sumber : google.com dan buku pendukung  TIK Komputer

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: