HAK CIPTA

PENGERTIAN  HAK CIPTA

 Pada saat ini banyak di kalangan lembaga bisnis baik bergerak bidang bisnis perdagangan, bisnis jasa dan bisnis lainnya untuk mendapatkan ijin ( perijinan ) yang sah di masyarakat yang sering dalam Hak paten atau sering disebut dengan hak cipta adalah suatu bentuk perjanjian yang disepakati bersama antara lembaga / pemerinah yang mewakili rakyat. Dengan para pencipta atau yang menemukan. Dimana suatu lembaga / pemerintah mengakui dan menyetujui hasil karya cipta yang dimilikinya dan tidak ada yang membuatnya kembali suatu karya cipta tersebut.

KARYA CIPTA BENTUK PRODUK

Karya cipta bentuk produk tidak boleh ditiru diproduksi oleh siapapun bila ditiru di copy akan berakibat penipuan bermasalah dalam perijinan kecuali oleh penciptanya sendiri yang membuat atau menjualnya selama masa waktu 17 tahun tanpa seijin sipenemunya ( pembuat dan menemunya ) dari suatu produk tersebut.

KEUNTUGAN HAK PATEN AGI PEMILIK :

Bagamana keuntungannya karya cipta yang dapat diakui hak ciptanya akan mendapatkan hak paten oleh lembaga / pemerintah barang yang dipatenkan tidak boleh ditiru oleh siapapun dan akan dilindungi oleh undang undang hak cipta tersebut apabila meniru akan dikenakan sanksi / hukuman yang berlaku tentang undang undang hak cipta dan akan mendapatkan keuntungan dari penemuannya selama kurang ebih 17 tahun berakhir.

SYARAT BENTUK KARYA CIPTA

Penemuan karya cipta dapat diakui ada beberapa bersyaratan diantanya apa karya cipta tersebut memiliki kegunaan untuk masyarakat, atau bentuk karya cipta baru ( penemuan yang terbaru dan sebelumnya belum ada ) bentuk karya cipta dapat berupa karya seni, penemuan mesin teknologi, peralatan yang berguna, penemuan obat mungkin komposisi materi yang baru yang berguna untuk riset dll. Itu semua dapat diakui hak ciptanya untuk mendapatkan pengakuan hak ciptanya.

BAGAIMANA CARA PENGAKUANYA.

Sedang untuk mendapatkan pengakuan si penemu / pencipta dapat mendaftarkan sendiri di tempat lembaga yang yang berwenng tentang hak cipta dan juga didampingi oleh pengacara atau lembaga yang berkenaan hak cipta jika mendapatkan pengakuan akan mendapatkan label tanda kode hak cipta dank tanda /kode dari hak cipta akan diberi kode paten.

Nah sedikit pengetahuan tentang hak cipta dan bagaimana penurut pendapatmu jika seseorang mengcopy / memakai karya cipta tanpa ijin si penciptanya ?

Oleh : Henny Kusworowati

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: