BAGAMANA BELAJAR YANG BAIK

MENGAPA PERLU BELAJAR.

Belajar bagi siswa merupakan suatu kewajiban dengan membiasakan cara belajar secara rutinitas / setiap hari akan dapat memperoleh suatu pengetahuan atau penguatan ilmu pengetahuan dengan mudah. Memang belajar suatu kegiatan yang sangat membosankan apalagi siswa belajar dan tidak tahu tujuan belajar. Nah supaya belajar itu suatu kegiatan yang sangat menyenangkan tentu sebelum belajar dengan  membaca buku harus tahu apa maksud dan tujuan belajar. Belajar dari kata ajar artinya dari suatu yang belum tahu menjadi tahu dan kita seharusnya harus banyak ingin  tahu tentang kehidupan kita yang ada di sekeliling kita.

TUJUAN BELAJAR

Setiap orang tentu mempunyai tujuan belajar yang berbeda beda :

1. Belajar dalam rangka menuntut ilmu untuk bekal kelak dimasa yang akan datang.

2. Belajar melakukan sesuatu ketrampilan agar memiliki skill ( keahlihan ) sesuai dengan bidang bakat yang dimiliki.

3. Belajar karena untuk mengisi waktu luang untuk sekedar mencari hiburan.

Apabila seseorang telah didahului dengan sadar akan ilmu tentu belajar tersebut tentu akan lebih termotivasi dan didorong untuk lebih tahu yang sangat mendalam dari pada anak tidak tahu dari maksut dan tujuan belajar misalnya anak memiliki bakat / kesenangan berolaraga dan ingin menjadi pemain sepak bola yang tangguh tentu membaca buku olahraga dengan mendalami cara teknik teknik cara bersepak bola yang baik begitu pula jika seseorang gemar dengan ilmu pengetahuan di bidang teknologi tentu selalu mencari dan membaca buku tentang ilmu pengetahuan teknologi yang berkembang saat ini contoh perkembangan teknologi HP, perkembangan alat komputer dan mungkin dengan mesin mesin teknologi lainnya. Sebenarnya belajar tidak begitu sulit asal ada niat dan minat untuk belajar melalui belajar tentu memudahkan sesuatu masalah yang akan dihadapi missalnya mengerjakan soal, membuat laporan, membuat sesuatu yang ada hubungan dengan ketrampilan, berdiskusi atau menghadapi sesuatu dengan masalah masalah lingkungan / bergaul.

CARA BELAJAR DI RUMAH

Belajar yang banyak menyita waktu yang cukup banyak di waktu waktu berada di rumah, belajar tidak diartikan harus belajar untuk membaca buku tetapi belajar dapat melalui pengalaman, melihat, mencoba atau melakukan dan bila belajar dengan cara membaca tentu butuh waktu waktu khusus missalnya belajar membaca buku dengan cara membaca menurut kebiasaan contoh belajar dengan diiringi music, belajar harus dibantu dengan orang lain dan mungkin belajar dengan cara mencari waktu yang sepi / sunyi maka belajar dapat dilakukan.

CARA BELAJAR DI SEKOLAH.

Belajar diwaktu jam jam di sekolah tentu harus mentaati aturan waktu belajar dimana pada saat jam jam anak harus belajar dan dimana pada saat waktu anak tidak belajar bermain main ( beristirahat ) atau pada saat praktik dan berolahraga maka pandai pandailah menggunakan waktu sebaik mungkin. Jika belajar di kelas tentu harus banyak untuk memperhatikan pesan dari Bapak/ Ibu guru karena Bapak / Ibu guru sebagai mediator dalam rangka anak mendapatkan ilmu pengetahuan. Dan yang perlu diperhatikan apabila bapak / ibu menerangkan sebaiknya diperhatikan dan dicatat hal hal yang dianggab penting karena catatan sebagai alat pengingat pada saat kita melakukan kegiatan belajar.

TEKNIK MEMBACA YANG BAIK.

Untuk mendapatkan sesuatu yang didapat dibuku maka yang perlu diperhatikan hal hal sebagai berikut misalnya :

1. Membaca lebih dahulu pada bagian pendahuluan, kata pengantar atau daftar isinya.

2. Membaca isi dari pokok bahasan KD ( kompetensi dasar ) atau materi yang diajarkan.

3. Membaca seluruh isi buku atau membaca perbab dengan cara memberi tanda / garis bawa pada kata kata atau kalimat yang dianggab penting ( agar lebih mudah untuk diingat ).

4. Membuat suatu kesimpulan / resume agar lebih jelas maksut dari isi buku yang dibaca

5. Yang lebih penting lagi apabila dibaca dimegerti dan selajutnya dipraktikan / eksperimen sederhana.

Nah itu cara teknik belajar yang sangat sederhana karena dengan melalui belajar seseorang akan mendapatkan pengetahuan pengalaman sehingga dengan ilmu yang dimiliki akan dapat mengantarkan anak dimasa yang akan datang akan lebih baik ingat ilmu dapat mengantarkan hidup seseorang bahagia dunia akherat dan mudah mudah an dengan ulasan yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi kita semuanya amin.

 Sumber, toto pribadi dan pengalaman pribadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: