JURNALISTIK

Pengertian Jurnalistik

Pengertian istilah jurnalistik dapat ditinjau dari tiga sudut pandang: harfiyah, konseptual, dan praktis.Secara harfiyah, jurnalistik (journalistic) artinya kewartawanan atau kepenulisan. Kata dasarnya “jurnal” (journal), artinya laporan atau catatan, atau “jour” dalam bahasa Prancis yang berarti “hari” (day). Asal-muasalnya dari bahasa Yunani kuno, “du jour” yang berarti hari, yakni kejadian hari ini yang diberitakan dalam lembaran tercetak.

Konseptual jurnalistik.Secara konseptual, jurnalistik dapat dipahami dari tiga sudut pandang: sebagai proses, teknik, dan ilmu.
1. Sebagai proses, jurnalistik adalah “aktivitas” mencari, mengolah, menulis, dan menyebarluaskan informasi kepada publik melalui media massa. Aktivitas ini dilakukan oleh wartawan (jurnalis).
2. Sebagai teknik, jurnalistik adalah “keahlian” (expertise) atau “keterampilan” (skill) menulis karya jurnalistik (berita, artikel, feature) termasuk keahlian dalam pengumpulan bahan penulisan seperti peliputan peristiwa (reportase) dan wawancara.
3. Sebagai ilmu, jurnalistik adalah “bidang kajian” mengenai pembuatan dan penyebarluasan informasi (peristiwa, opini, pemikiran, ide) melalui media massa. Jurnalistik termasuk ilmu terapan (applied science) yang dinamis dan terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dan dinamika masyarakat itu sendiri. Sebaga ilmu, jurnalistik termasuk dalam bidang kajian ilmu komunikasi, yakni ilmu yang mengkaji proses penyampaian pesan, gagasan, pemikiran, atau informasi kepada orang lain dengan maksud memberitahu, mempengaruhi, atau memberikan kejelasan.
Bagaimana berita yang baik


berita yang baik dan menarik tentu harus memiliki suatu isi berita yang akurat dan memiliki alur kerangka penulisan yang baik, benar, lugas, singkat dan isi beritanya langsung pada pokok persoalan dan memiliki fakta yang dapat dipertanggung jawabkan paling tidak beritanya memenuhi dari unsur unsur 5 W dan 1H yaitu ( What/apa, Where/dimana, When/kapan, Why/mengapa, Who/siapa dan How/bagaimana ). Sehingga pembaca tidak sekedar membaca untuk mengisi waktu yang luang tetapi untuk mendapatkan berita yang menarik dan tahu perkembangan isi berita selanjutnya.

Isi berita


Berita yang menarik dan terbaru tentu dalam penulisanya diperlukan suatu redaksi penulisan yang benar secara umum berita terdapat 1). judul, 2).pembuka, 3).isi berita dan 4). Penutup dalam jurnalistik ada hard news ( mengacu pada isi berita ) dan Straight news ( mengacu pada cara mengatur bentuk struktur penulisannya ).
Teknik teknik untuk mendapatkan data yang lebih akurat dapat dilakukan dengan cara wawancara dan pengamatan langsung atau dapat melalui riset dan studi pustaka. Ada teknik mencari data selain melalui wawancara juga dapat melalui rekam ( kaset recorder ) untuk menghindari dari salah pengertian dari data data yang diperoleh.

Teknik wawancara

Bila dilakukan dengan teknik wawancara yang perlu diperhatikan diantaranya :
1) Menguasai pokok persoalan isi beritanya yang akan diambil untuk berita

2). Mengetahui background dari karakter sifat para narasumber

3). Membuat dan menyiapkan kerangka isi pertanyaan bila tidak sempat dengan wawancara4). Membuat catatan ringkasan dengan kalimat kalimat sederhana yang mudah dimengerti

5). Menghindari dengan cara berdebat/diskusi atau mungkin mendekte dengan para narasumber

6). Dan yang lebih penting dapat menumbuhkan sifat empati dalam melakukan wawancara tersebut.
Tentu untuk mendapatkan berita yang baik dan berhasil semuanya tergantung pada kemampuan teknik para jurnalistik secara individu dalam mencari data tersebut.
Sumber,  google.com dan diklat jurnalistik jawa pos

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: