VIRUS KOMPUTER

PENGERTIAN  VIRUS KOMPUTER

Virus Komputer sering disebut dengan “ Virus “ karena memiliki beberapa persamaan mendasar dengan virus pada istilah ilmu kedokteran (biological viruses) yang menular ke tempat lain. Virus dapat diartikan dengan sebagai suatu program komputer biasa yaitu program program yang tujuannya dibuat oleh pencipta untuk merusak / menulari pada komputer yang lain dan ada yang perlu dicatat bahwa virus hanya akan menular apabila program pemicu atau program yang telah terinfeksi tadi dieksekusi, disini bedanya dengan “ worm “ virus komputer adalah suatu program komputer yang menduplikasikan atau menggandakan atau menyisipkan, copyan salinan kedalam media penyiimpanan / dokumen kedalam jaringan secara diam diam tanpa sepengetahuan pengguna pemakai yang memiliki komputer.

DAMAPAKNYA

Dampak dari virus jika masuk dalam jaringan program komputer bereaksi bermacam macam dengan pesan aneh aneh ada virus yang masuk di computer hanya bejeng saja, ada file ganda, ada file tidak dapat dibuka dan ada file yang rusak yang lebih ganas lagi bila masuk pada system program komputer sehingga komputer tidak dapat dijalankan.

CARA PENYEBARANNYA

Cara penyebaran virus dapat berbagai cara mulai dari cara masuk lewat  tempat flessdisk dimasukkan pada komputer lain, menggunakan lewat jaringan komputer / antar komputer, melalui hasil download data dari komputer dll.  jika dimasukan ke dalam komputer lain maka komputer akan terinfeksi virus itu juga.

TEMPAT VIRUS

Virus yang masuk ke dalam komputer biasanya memiliki target untuk masuk dalam system komputer dan target utama virus pada file file yang berakhiran EXE, COM dan VBS dll. Dan Boot sector sering dipakai sebagai sasaran juga untuk bersarang bertempat virus dalam bentuk nama file / dokumen dan penyebaran virus dengan bantuan program komputer yang sedang aktif dan sedang dijalankan.

NAMA VIRUS

Virus muncul dengan nama yang berbeda beda tergantung virus diberi nama yang menciptakannya seperti 1). Virus Worm, virus masuk pada komputer tanpa harus dieksekusi dan menyebar pada jaringan komputer. 2). Trojan, Virus yang sering masuk pada komputer yang memiliki jarigan atau internet. 3). Spyware, adalah aplikasi yang membocorkan data informasi kebiasaan atau perilaku pengguna dalam menggunakan komputer ke fihak luar tanpa kita sadari. Dll.

CARA MENGATASINYA

Cara untuk mengatasinya ya tentu memasukkan data dan mencopy data melalui media simpan flessdisk harus bebas dari  virus dan komputer selalu tersedia anti virus dan selalu dijalankan / scan anti virus sewaktu waktu tentu  anti virus yang up date dengan demikian komputer selalu dapat dipergunakan.

Sumber, toto pribadi

4 Comments (+add yours?)

  1. fbellia bella
    Aug 23, 2014 @ 04:07:48

    Virus komputer memang merusak komputer,maka dari itu kita sebagai pengguna komputer harus melengkapi SCAN ANTI – VIRUS. Yang dapat meng – up date virus dan komputer dapat digunakan kembali tanpa adanya virus dan membuat program komputer menjadi lambat.Dari blog ini saya dapat mengerti bagaimana dampak , penyebaran, dan cara mengatasi dari virus komputer

    Reply

  2. Sarah Masyitha Elysia
    Aug 25, 2014 @ 11:20:05

    setelah saya membaca tentang virus komputer ini. saya bisa mengetahui apa itu virus komputer, apa sebab dan bagaimana cara mengatasinya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: