AIR PASANG

MENGAPA BISA TERJADI AIR PASANG
Bagaimana terjadinya air laut pasang dan air laut surut ini terjadi karena pengaruh perputaran matahari dan bulan gravitasi matahari dan bulan mempengaruhi air laut mengakibatkan naik /pasang begitu juga dengan gerhana matahari itu juga terjadinya air naik / pasang dan bagaimana bila terjadi alam ini bagi kita.

AIR PASANG PADA SIANG DAN MALAM HARI
Pada saat siang hari air laut naik dikarenakan terjadinya pengaruh gaya gravitasi matahari, dan pada saat malam hari air laut pasang lebih besar dikarenakan terjadi pengaruh gaya gravitasi bulan dan sering terjadi air laut pasang yang cukup besar pada saat terjadinya bulan purnama dan bulan baru muncul yang mengakibatkan pantai iar laut naik dan biasanya di kota tiba tiba banjir yang menggenangi poros jalan jalan.

AIR PASANG TERJADINYA  GERHANA MATAHARI

 

Gerhana matahari

 Dan pasang terjadi maksimum jika terjadi gerhana matahari, sebab dipengaruhi oleh gaya tarik gravitasi antara bulan dan matahari sering disebut pasang perbani yaitu air laut turun ke permukaan laut sangat rendah terjadinya air laut turun sangat rendah pada bulan perempat pertama (kuartir pertama ) dan perepat ke tiga ( kuatir ketiga ).

Gerhana matahari total
Berarti gerakan gerakan perputaran bumi dan matahari sangat mempengaruhi dan menyebabkan terjadinya pasang surutnya air laut dan dapat terjadi karena kuatnya gravitasi bumi dan matahari. Sehingga pada saat siang hari air laut pasang karena pengaruh gravitasi matahari sedang pada saat malam hari pengaruh gravitasi bulan.

Sumber, google.com dan Intan pariwara – 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: