REFORMASI

Apa  reformasi

Apabila kita belajar sejarah pasti pernah  mendengar tentang  peristiwa reformasi ? Siapa tokoh reformasi ? dan mengapa harus  terjadi reformasi ?Apa tujuan reformasi ? Reformasi  bergulir di masyarakat dengan tujuan adanya  suatu perubahan perubahan dipemerintahan.

Siapa tokoh reformasi.

Tokoh reformasi adalah Bapak Amin Rais putra bangsa yang lahir di kota Solo waktu itu dijuluki  sebagai “King Maker “ dan juga dikenal dengan Bapak reformasi karena keberanianya untuk mengkritik pemerintah waktu itu dengan keinginannya adanya perubahan perubahan di tubuh pemerintahan Suharto.  Beliau  memiliki jiwa berkarakter kalem,  pikiran cerdas dan berani dalam setiap berbicara dan tindakannya.

Sebelum terjun di dunia politik  praktis, Amin Rais mengabdikan diri sebagai guru besar di Universitas Gajah Mada (UGM ) Yogyakarta dan pada waktu itu masih menjabat sebagai ketua umum  DPP Muhammadiyah selain itu juga masuk dalam politik PAN ( Partai Amanat Nasional ). Karena dengan dukungan partai dan beberapa elemen masyarakat  menghendaki Pak Amin Rais untuk  menjadi presiden  pada pemilu 2004. Akhirnya Amin Rais berani mencalonkan diri sebagai calon presiden karena  memiliki dukungan yang kuat / besar untuk menjadi presiden pada waktu itu karena politik berbeda, dan takdir berkata lain Amin Rais gagal untuk memenangkannya dan akhirnya kembali di dunia pendidikan .

Kronologis /terjadinya reformasi mari kita pelajari peristiwa sejarah  :

  1. Dengan keberanianya  tokoh reformasi mengkritik system pengelolaan / manajemen pada perusahan PT. Freeport di Papua / Irian Jaya. Disinyalir kekayaan Negara banjak mengalir dan di untungkan oleh beberapa orang dan menguntungkan perusahaan asing.
  2. Dengan peristiwa kudatuli pada 27 Juli 1966 penyerangan  kantor PDI yang waktu itu  masih ditempati massa PDI Megawati direbut oleh masa pro Suryadi dan berani mengkritik kepada pemerintah ketidak mampuan dalam mengatasi tindakan anarkis dan ketidak adilan.
  3. Dengan terpilihnya presiden  Suharto kembali, pemerintah tidak mau mendengar suara rakyat dan banyak pembetukan kabinet yang penuh dengan nepotisme dan kolusi.
  4. Terjadi demontrasi besar besaran di tempat  universitas Trisakti pada 12 Mei 1998, demontrasi berakhir  setelah terjadi bentrokan  antara  mahasiswa dengan  keamanan sehingga menewaskan empat orang tewas diterjang peluru dan siapa yang bertanggung jawab dalam peristiwa ini.
  5. Terjadi nya kerusuhan  pada 13 – 14 Mei 1998  sehingga pemerintahan Indonesia makin  terpuruk dan banyak tuntutan masyarakat Suharto segera mundur dari presiden.
  6. Muncul kembali kembali gerakan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi telah menduduki gedung DPR – MPR RI pada 9 Mei 1988 kejadian menjelang peringatan hari kebangkitan Nasional.
  7. Dengan berbagai kerusuhan presiden memanggil tokoh tokoh terkemuka di istana pada 20 Mei 1998 untuk bermusyawarah menghendak dibentuk dewan reformasi yang dipimpin presiden Suharto namun gagal karena tokoh tersebut tidak mendukung.
  8. Dan pada 21 Mei 1998 presiden Suharto meletakkan jabatan sebagai presiden dan diganti oleh Bapak Bj Habibie dan waktu itu berlangsung di istana presiden.

Pembentukan Kabiet pemerintahan Bj. Habibie.

Pada 22 Mei 1998 Bj Habibie segera membentuk dengan nama kabinet reformasi Pembangunan. Kabinet ini memiliki tugas yang amat berat bagaimana untuk memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan. Kekuasaan otoriter segera diubah, kebebasan berpendapat  mulai di jamin dan disepakati presiden  dibatasi 2 periode ( satu periode selama lima tahun ) dan ketentuan ketentuan lainnya meliputi :

  1. Merekonstruksi perikonomian Nasioanal
  2. Merekapitulasi perbankan dengan melakukan likuiditas bank bank yang  bermasalah.
  3. Berusaha menaikkan nilai tukar rupiah

Dengan memulikan kepercayaan masyarakat diperlukan kerja sama antara pemerintah, masyarakat dan komponen komponen bangsa.

Sumber,  grafindo media pratama- 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: