PEMANDANGAN PARANG TRITIS

INDAHNYA  PARANG TRITIS

Pantai parang tritis terletak di daerah Yogyakarta yang memiliki pemandangan alam yang indah dan cukup mempersona baik dilihat dari beberapa sudut arah. Pantai parangtritis yang begitu luas dengan deburan ombak yang begitu keras membuat hati terpesona jika melihat dibelakang terlihat bukit bukit tebing yang tinggi dengan pepohonan yang hijau dengan hebusan  angin yang cukup kencang menjadikan  suasana hati yang tenang tetapi cukup mencekam.

TUJUAN PARANG TRITIS

Bila rekreasi di pantai parang tritis dapat ditempuh melalui  dua jalur rute Yogyakarta – Imogiri – siluk – menuju parang tritis dan dapat langsung jalur Yogyakarta – menuju jalan  parangtritis. Jika tiba pagi hari sekitar pukul 03.00 dapat mandi di tempat tempat rumah yang menyediakan persewaan mandi cukup Rp 1.500,-/orang  dan bisa mandi sepuasnya.

                                               Setelah itu dapat menuju ke pantai untuk berenang tetapi sangat bahaya bagi mereka yang nggak bisa berenang atau sewa kuda atau delman berkeliling pantai sambil melihat pemandangan alam disekitarnya dan pada saat sore harinya  bisa melihat sunset / matahari tegelam.

MITOS  PARANG TRITIS

Nama Parang tritis dari kata parang = ( batu ) dan tumaritis = ( tetesan air ) jika melihat tetesan tetesan air yang mengalir dari celah batu karang dinamai daerah ini parang tritis dan memiliki cerita tersendiri konon seorang bernama Dipokusumo yang merupakan pelarian dari kerajaan Majapahit. Parang tritis penuh mitos yang diyakini perwujudan dari kesatuan tri murti yang terdiri dari gunung Merapi, kraton Yogyakarta dan Parang tritis, tempat ini diyakini tempat bertemunya panembahan Senopati dengan sunan Kalijaga sesaat setelah menjalani semedi / pertapaan. Dan pertemuan itu Senopati diingatkan oleh Sunan Kalijaga agar tetap memiliki rendah hati walaupun sebagai seorang penguasa dan memiliki kesaktian  dan masih banyak cerita cerita yang lain tentang parang tritis.

Sumber,  Yogyes.com dan pengalaman pribadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: