PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN

PENTINGNYA MEMILIKI KETRAMPILAN

Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) selalu mengutamakan hasil kelulusan yang memiliki kemampuan baik bidang kemampuan ketrampilan dan pengetahuan di bidang teknologi. Lulusan SMK sangat berperan di dunia usaha dalam rangka untuk mengatasi permasalahan dan persaingan global khususnya  perkembangan teknologi outomotif saat ini.

TEKNIK KENDARAAN RINGAN :

Bidang study automotif dengan jurusan teknik kendaraan ringan sangat diperlukan. Melalui pembelajaran dengan materi pelepasan dan pemasangan roda, serta cara pemeliharaannya diharapkan siswa dapat mengaplikasikan dalam suatu aktivitas baik itu di saat anak mengikuti PSG di pakerin dan pada saat anak terjun dimasyarakat / di dunia usaha bekerja tentu kegiatan ini sangat bermanfaat sekali.

MENTAATI STANDART OPERSIONALPROSEDUR ( SOP )

Dan setiap pekerjaan selalu mentaati aturan sesuai sengan SOP (standart operasinal prosedur), termasuk dapat mempersiapkan alat alat dan perlengkapan apa yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tugasnya.

Pelepasan dan pemasangan roda juga terbilang sangat mudah tetapi bila dijalankan tanpa adanya latihan dan taat pada SOP kegiatan tentu nggak bisa diselesaikan dengan baik apa yang kita harapankan. Kegiatan ini memang sangat diperlukan adanya pengetahuan dan ketrampilan yang cukup sehingga pada saat anak terjun  betul betul dapat  menjalankan dengan baik.

HARAPAN SISWA :

Pesan Bapak Muhammad  Basyir, Spd. Guru bidang study  produktif automotif  di sela anak anak melakukan praktik di bengkel SMK Semen Gresik bahwa anak memang perlu pelatihan yang cukup baik itu melalui teori dan praktik ini diharapkan anak anak dapat melakukannya kesulitan kesulitan baik untuk keperluan dirinya sendiri dan juga pada saat nanti anak sudah mulai  bekerja di perusahaan di bidang  aotomotif ketrampilan tidak hanya diberikan untuk melakukan pelepaan dan memasang ban tetapi bagaimana cara perawat dan memahami rem  dalam kondisi kampas rem aus dan tidak  tidak layaknya penggunaan roda karena roda dan rem bagian alat vital untuk keselamatan.

Dan pada umumnya anak lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran ini karena materi banyak dikeluhkan dialami oleh pemilik mobil mudah mudahan sedikit pengetauan bisa bermanfaat untuk semuanya.

By, toto pribadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: