SEMANGAT KEPALAWANAN

SEMANGAT KEPALAWANAN AREK AREK SURABAYA

Semangat kepalawanan arek arek Surabaya pada tanggal 10 Nopember 1945, Bung Tomo sangat berperan untuk memberi semangat kepada pemuda Surabaya dan sekitarnya untuk tetap membela dan mempertahan kemerdekaan. Pasukan sekutu pada saat itu mendarat di pelabuhan tanjung perak Surabaya pada tanggal 25 Oktober 1945. Yang dipimpin oleh Brigjen AWS. Mallaby.  dengan kedatangan pasukan tersebut membuat masyarakat sangat kecewa karena tentara sekutu mudahnya untuk membebaskan tahanan orang orang Belanda waktu itu selain itu juga menduduki pangkalan udara Tanjung perak dan tempat lainnya seperti Gedung Internatio.

Dengan ulah Jendral Mallaby rakyat mulai mengadakan perlawanan  munculah kejadian pertempuran di berbagai tempat dan pertempuran ini baru meredah setelah tercapai perundingan senjata tetapi pertempuran terus berlangsung  di tempat gedung Internatio dekat jembatan merah dan genjatan senjata tebak menebak terus berlansung seru dalam kejadian tembak menembak tersebut  sampai tewasnya Jendral Mallaby.

Dengan tewasnya Jendral tersebut dicatat oleh sejarah bangsa kita bukan  bangsa yang remeh, dengan tewasnya jendral Mallaby menjadi hubungan bangsa Indonesia dengan Inggris semakin buruk dan fihak sekutu menuduh fihak Indonesia yang telah membunuhnya. Oleh karena itu pihak Inggris dibawah pimpinan E.C. Mansergh mengeluarkan ultimatum agar tentara  dan para pemuda Surabaya  untuk menyerah paling lambat pukul 06.00 tanggal 10 Nopember 1945. Ternyata ultimatum dari pihak Inggris tidak digubris sehingga Inggris naik pitam dan  mengadakan serangan besar besaran di kota  Surabaya. Dan pemuda kita berusaha sekuat tenaga untuk menangkis semua serangan tentara sekutu tersebut baik dari darat, udara dan laut walaupun pemuda kita cukup  bekal senjata bambu runcing  saja.

Bung Tomo  terus memberi semangat  kepada arek arek Surabaya  untuk bertempur melawan penjajah. maju terus pantang mundur dan banyak korban yang jatuh dalam pertempuran hiroik ini. Dan untuk mengenang peristiwa hiroik  di Surabaya ini, setiap  tanggal 10 Nopember diperingati  hari Pahlawan dan sebagai tanda kenangan dibangunlah tuguh Pahlawan.

Itulah tentang sejarah hari pahlawan semoga kita tetap semangat  dan berjuang untuk  menegakkan kemerdekaan melalui  semangat kepalawan.

Sumber : Platinum – tiga serangkai – 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: