SETIAP KESULITAN PASTI ADA JALAN

SETIAP KESULITAN APAPUN PASTI ADA JALAN KELUAR

toto pribadiDalam setiap kehidupan tentu kita ingin mendambakan hidup yang berbahagia, hidup penuh dengan keberhasilan, kesuksesan. Untuk mencapai suatu keberhasilan tentu mengalami suatu lika liku, cobaan, bahkan kesulitan dalam bentuk apapun itu merupakan suatu usaha jalan yang harus dijalankan berusaha secara maksimal harus diperjuangkan untuk mencapai suatu tujuan dan jangan kamu berputus asa, dari rachmat Allah.

 Setiap kesulitan apapun pesan Nabi Muhammad  SAW. untuk tetap dihadapi dengan tabah dan penuh tawakal seperti dalam firman Allah SAW. Dalam surat Al-Insirah peristiwa dalam menghadapi kaum kafirin quraisy ada 8 petunjuk diberikan kepada kita diantarnya :

Pertama, “ Bukanlah kami telah melapangkan dadamu untukmu  “  Kedua, “ Dan kami telah lepaskan bebanmu dari padamu bebanmu “ Ketiga, “ Yang memberatkan punggungmu “  Keempat “ Dan kami meninggikan bagimu sebutan ( nama ) mu “  Kelima, “ Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan “ Keenam , “ Sesunggunya sesudah kesulitan itu ada kemudahan “ Ketujuh “ Maka apabila kamu telah selesai ( dari suatu urusan dunia ), kerjakanlah dengan sunggu sungguh ( urusan ) yang lain “Kedelapan  “ Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap “  

Menunjukkan bahwa Nabi pun tidak terlepas dari kesulitan dan diharapkan untuk tetap bersabar dan memiliki jiwa yang besar dalam menghadapai cobaan apapun dan untuk berjuang mencapai suatu tujuan diperlukan usaha dan diperlukan kekuatan jiwa yang tenang sabar dalam menghadapi apapun, beban yang berat jika hati berlapang dada, maka beban menjadi ringan. Dan nama Nabi ditinggikan selalu disebut di samping nama Allah SWT. menghadapi perjuangan apapun pasti terdapat rintangan yang selalu menghalangi, tetapi ingat dibalik bentuk kesulitan apa pun Allah selalu memberi rachmat sehingga diberi jalan keluar.

Apa lagi dengan kesibukan dunia tidak ada henti hentinya dan pekerjaan apapun kita akan diminta pertanggung jawaban dihadapan Allah maka berbuat dan beramal baiklah dan selalu taat kepada Allah SWT. Suatu kewajiban,  untuk selalu memohon ampun,  mensyukuri nikmat Allah yang diberikan kepada kita semua dan selalu mengharap ridhonya. Tentu perjuangan usaha apapun dalam kehidupan kita dituntut untuk yakin / optimis bersikap jiwa besar dan berlapang dada sabar dalam menjalani apapun.

Demikian yang bisa kami sampaikan  dan semua kebenaran dari Allah dan bila terdapat tulisan terdapat kesalahan itu dari tangan tangan kami dan semoga dapat  bermanfaat bagi kita semua amin.

by Toto Pribadi,

1 Comment (+add yours?)

  1. totopribadi
    Feb 12, 2010 @ 09:54:19

    Setiap ada kesulitan pasti ada jalan untuk mendapat petunjuk dan manusia dituntut untuk selalu berusaha karean pada kakekatnya hidup penuh dengan cobaan cobaan tergantung dari manusia mau tabah dalam menerima cobaan tersebut

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: