PELAJARAN TENTANG KESABARAN

PELAJARAN TENTANG KESABARAN, KEIKLASAN, KASIH SAYANG DAN KETA’ATAN.

Picture 012UJIAN KESABARAN, yang amat berat pada diri Nabi Ibrahim As. Sejak lama untuk mendambakan seorang putra dan pada saat usia mengijak remaja tiba tiba diuji oleh Allah putra kesayangannya untuk disembelih. Kisah ini patut dicontoh  dan dipakai sebagai pelajaran pada diri kita tentang kesabaran, keiklasan, kasih sayang dan keta’atan karena perintah Allah SWT. dalam mendapatkan ujian dan cobaan pada Nabi Ibrahim As.

ALLAHKisah suritauladan Nabi Ibrahim AS. merupakan pelajaran yang berharga bagi kita semua karena dalam hidup kita tidak terlepas dengan banyaknya ujian ujian baik ujian menghadapi tantangan hidup yang begitu sulit, tantangan menghadapi orang yang mendholimi dirinya dan banyak lagi yang dihadapinya. Ujian kesabaran yang dialami Nabi Ibrahim As. Terdapat 4 hal yang dapat dipakai pelajaran yaitu bagaimana dialog Nabi Ibrahim As. dengan putranya Ismail :

Pertama, bagaimana cara Nabi Ibrahim As. dalam menyampaikan pesan perintah dari Allah SWT. Tentang penyembelian.

Kedua, bagaimana cara Nabi Ibrahim As. Menggunakan bahasa yang rendah dan kehati hatiannya agar putranya pengerti iklas karena itu semua perintah dari Allah SWT.

Ketiga, bagaimana cara berdialog kepada sang putranya Ismail dengan penuh pertimbangan  pertimbangan apa kata  Ismail, karena dengan kata ketulusan sang ayah ismail penuh dengan iklas lakukan ayah  yang diperintahkan kepadaku. Kalau itu perintah Insya Allah tergolong orang orang yang bersabar.

Keempat, kisah suritauladan kisah Nabi Ibrahim As. didalamnya terdapat pelajaran yang sangat berharga tentang “ kesabaran, keiklasan, kasih sayang dan keta’atan “

Akhirnya Ismail putranya dibawah disuatu tempat lembah yang cukup jauh dan dalam perjalannan tidak luput dari godaan terus menerus  dari setan dan akhirnya Nabi Ibrahim As. berhasil  dan dapat mematahkan keragu ragunya. Dan sebelum melakukan penyembelian Nabi Ibrahim As. sempat bertanya kepada putranya apakah Ismail menghendaki sesuatu, Ismail menjawab mengharapkan agar pisau diasah dengan tajam, matanya ditutup, setelah itu bajunya yang berlumpuran darah diberikan kepada ibu sebagai tanda kenangan bukti penyembelian telah dilaksanakan. Karena keteguhan iman dan keiklasannya penyembelian dilaksanakan Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar ternyata yang disembelih domba betina dan Nabi Ismail As. selamat dan pengorbanan diterima oleh Allah SWT.

Demikian kisah kesabaran yang diberikan Nabi Ibrahim As. sebagai suatu pelajaran yang berharga pada diri kita tentang kesabaran, keiklasan, kasih sayang dan keta’atannya kepada Allah SWT. Semoga kisah ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya pada diri penulis dan tak lupa semua kebenaran datang dari Allah SWT. Dan bila terdapat kesalahan kesalahan itu dari tangan kami.

 

Sumber : Toto pribadi,  Al – Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: