KOLOM RELIGI

TOMBOH ATI ADA LIMA  MACAM

Picture 012Jika manusia punya penyakit hati dimana letak penyakit hati yang sebenarnya, bila tubuh kita tersayat dengan pisau tentu rasanya sakit dan tahu letak sakitnya dan mudah disembuhkan bila kita tahu obatnya. Tetapi bila hati yang sakit apa obatnya, sakit hati bermacam macam mungkin dapat berupa rasa dengki, iri hati, kikir, hidup resah, dan mungkin suka menghasut dan mungkin suka memfitnah karena dorongan rasa emosi tidak dapat menahan amarah atau mungkin nafsu karena bisikan setan.

kaligrafiSemua itu timbul dalam hati itulah yang disebut penyakit hati dan bagaimana kita bebas dari penyakit hati, anda pernah mendengarkan tembang lagu lantunan tomboh ati dari warisan para wali yang ngetren dengan lagu lagu religi oleh opick seperti tomboh ati ono limo perkarane ( obat sakit hati ada lima macam ) diantarana :

Pertama : Moco qur’an angen angen sakmaknane artinya membaca Al-qur’an dengan artinya atau maksutnya, dengan membaca Al-Qur’an saja insya Allah kita sudah mendapatkan pahala lebih lebih dibaca dan dimengerti artinya lalu sekaligus untuk di amalkan dalam kehidupan kita sehari hari mungkin dengan cara yang paling sederhana saja selalu mengasihi dan menyayangi sesama dengan memberikan  zakat kepada yang berhak, menyatuni anak yatim dan memberi sodaqoh makan kepada para fakir miskin yang sangat membutuhkan, dimana perut kita kenyang sedang  tetangga masih ada yang menangis karena kelaparan.

Mungkin kami dapat membuka dan membaca isi kandungan Al-qur’an dengan menyimak firman Allah SWT. “ Al-Qur’an ini adalah pedoman hidup manusia, petunjuk dan Rahmat bagi kaum yang meyakini “ ( Qs. Al-Jatsyiyah 45:20 ).

Dijelaskan lagi dalam firman Allah SWT. “ Dan jikalau kami jadikan Al-Qur’an itu suatu bacaan dalam bahasa selain bahasa arab tentulah mereka mengatakan : Mengapa tidak dijelaskan ayat ayatnya ? “ apakah patut Al-Qur”an dalam bahasa asing sedang ( Rasulnya ) adalah orang Arab ? “ ( Qs. Fhusshilat 41:44 ).

dijelaskan lagi dalam firman Allah SWT. “ Kami tidak mengutus seorang Rasul pun, melainkan dengan bahasa kaumnya supaya Ia ( Rasul ) dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka ( kaumnya ) “ ( Qs. Ibrahim 14:04 ).

Allah Maha besar siapa sih yang menciptakan macam macam bahasa dijelaskan kembali firman Allah SWT. “ Diantara tanda – tanda kekuasaanNya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlainan bahasa mu dan warna kulit mu “ ( Qs. Ar-Rum 30:22 ).

Dijelaskan kembali firman Allah SWT. “Alif lam Ra,( inilah ) suatu kitab yang ayat ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan secara terperinci yang diturunkan dari sisi Allah yang Maha bijaksana lagi Maha tahu “ ( Qs. Hud 11:01 ).

Dan juga banyak dijelaskan firman firman Allah lainnya di dalam  Al-Qur’an seperti :  (Qs. Yusuf 12:02), Qs. Al-Anbiya 21:10 ), Qs. Al-Qiyamah 75:18 ), ( Qs. Al-An”am 06:115 ), (Qs. An–Nur 24:01 ) dan ( Qs. Ali–Imran 03:79 ).

Dan Rosulullah pernah bersabda : “ Celakalah orang yang membaca Al-Qur’an padahal ia tidak memperhatikan makna maknanya “ ( HR Ibnu Ridwan )

Kedua : Sholat wengi lakonono, menjalankan sholat malam dengan harapan untuk mendapatkan ketenangan dan petunjuk dimana semua orang lagi tidur nyenyak kita bangun dan langsung berdialog dengan Allah karena Allah sangat dekat pada kita.

Ketiga : Wong kang sholeh kumpul ono, pergauli orang orang yang baik, ditengah kehidupan kita sebaiknya kita harus pandai mencari dan  bergaul dengan orang yang bisa memberi nasehat tentang kebaikan dan memberi ilmu yang bermanfaat pada diri kita, seperti  petuah nasehat para ulama’ dan juga ustaz / guru.

Keempat : Kudu  weteng ingkang luweh, selalu dapat menjalankan puasa di waktu waktu tertentu jika perut kita merasa lapar dan selalu ingat kepada orang orang yang merasa kesulitan dan kekurangan sehingga hati kita dapat tersentuh betapa pentingnya memberi makan bagi orang yang membutukan dan lebih penting dapat menahan amarah.

Kelima : Dzikir wengi ingkang suwe , berdzikir pada waktu malam hari diperbanyak secara rutin supaya kita selalu ingat ingat terus dekat kepada Allah memohon ampunan dan diberikan petunjuk sehingga dapat  menjalankan kewajiban / kebaikan dan menjahui segala larangannya agar kita  mendapatkan Rahmatnya. Dan jika salah satu dari ke lima tersebut bisa dijalankan Insya Allah akan digabulkan.

Demikian ringkasan ulasan tomboh ati agar kita selalu mendapatkan petunjuk dan tidak ada salahnya bila membaca Al-qur’an disertai dipahami dengan bacaan tafsir / terjemahannya  dan semua kebenaran dari Allah dan bila terdapat ada tulisan yang salah itu dari tangan tangan kami dan semoga tomboh ati ini dapat  bermanfaat bagi kita semua amin.

Sumber : Toto Pribadi  Al-Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: