KOLOM GAUL

Charisma

CREATIVITASKU

Charisma Amanda, 16 tahun sering di sekolah dipanggil oleh temannya se kelas Ris Risma, dan selama ini masih duduk di kelas XI IPA SBI. SMAN Manyar ( Smanema ) Selain kegiatan belajar juga aktif ikut kegiatan di sekolah sebagai redaksi majalah Image Smanema sebagai wakil ketua dan ketuanya majalah image Indah yang keduanya selalu bekerja sama untuk mendukung sukses dan terbitnya majalah image barunya. Kegiatan majalah Image sudah diikuti mulai kelas X dan digarap setiap 2 minggu sekali yang dikerjakan bersama sama temannya sebanyak tim 10 orang yang saling bekerja sama dan kerja sesuai dengan bidangnya masing masing termasuk ada bidang ngurusin berita, foto grapher, illustrator, opini,  bidang hiburan, religi  dan  karikatur.

gaul

Risma tergabung dalam aktivitas majalah Image tergolong suka dan hobby dan selain hobby juga sebagai hiburan tapi belajar di sekolah sesuatu kewajiban utama dan berkeinginan bercita cita sebagai design product selain suka menggambar karikatur, gambar realis dan gambar abstak juga suka membaca puisi dan suka mengomentari sair lagu lagu top hit di acara In box TV. Suara nya nggak begitu enak lho bila di dengar tapi lumayan juga kalau didengar dari kejahuan dan buka Fb di internet wah nggak juga ketinggalan. Boleh Fb an eh.. makan nggak boleh di lupain….

Sumber : Toto Pribadi 2009

ANDA TAHU TETANG JURNALISTIK

RISMACharisma Amanda, mengikuti diklat jurnalistik cukup mengasikkan paling tidak tahu apa sih jurnalistik itu ? Jurnalistik dapat diartikan secara umum penulisan berita, berita yang baik dan menarik tentu harus memiliki suatu isi berita yang akurat dan memiliki alur kerangka penulisan yang baik, benar, lugas, singkat dan isi beritanya langsung pada pokok persoalan dan memiliki fakta yang dapat dipertanggung  jawabkan  paling tidak  beritanya memenuhi dari unsur unsur 5 W dan 1H yaitu ( What/apa, Where/dimana, When/kapan, Why/mengapa, Who/siapa dan How/bagaimana ). Sehingga pembaca tidak sekedar membaca untuk mengisi waktu yang luang tetapi untuk mendapatkan berita yang menarik dan tahu perkembangan isi berita selanjutnya.

Berita yang menarik dan terbaru tentu dalam penulisanya diperlukan suatu redaksi  penulisan yang  benar secara umum  berita terdapat judul, pembuka, isi berita dan penutup istilah dalam jurnalistik ada  hard news ( mengacu pada isi berita ) dan Straight news ( mengacu pada cara mengatur bentuk struktur penulisannya ).

Teknik teknik untuk mendapatkan data yang lebih akurat dapat dilakukan dengan cara wawancara dan pengamatan langsung atau dapat melalui riset dan studi pustaka. Ada teknik mencari data selain melalui wawancara juga dapat melalui rekam ( kaset recorder ) untuk menghindari dari salah pengertian. Bila dilakukan dengan teknik wawancara yang perlu diperhatikan diantaranya 1)  Menguasai pokok persoalan isi beritanya 2). Mengetahui background dari karakter para narasumber 3). Membuat kerangka isi pertanyaan 4). Membuat kalimat kalimat sederhana yang mudah dimengerti 5). Menghindari dengan cara berdebat/diskusi dengan para narasumber 6). Dan yang lebih penting dapat menumbuhkan sifat empati dalam melakukan wawancara.

Tentu untuk mendapatkan berita yang baik dan berhasil semuanya tergantung pada kemampuan para jurnalistik secara individu dalam mencari data tersebut.

Sumber : diklat jurnalistik jawa pos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: