FILE TRANFER PROTOCOL ( FTP )

PENGERTIAN FTP ( FILE TRANFER PROTOCOL )

File Tranfer Protocol ( FTP ), adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. (jaringan komunikasi global )

 

SISTEM KERJA FTP KOMPUTER

FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

FUNGSI FILE TRANFER PROTOKOL ( FTP)

Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.

FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan “mendengarkan” percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mentransfer data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.

METODE FILE  TRANFER PROTOKOL ( FTP) .

FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak ter enkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login, yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail.

Tutorial FTP ini dikhususkan pada cara meng-upload homepage ke server lecturer.ukdw.ac.id

Untuk melakukan ftp, Anda harus mempunyai program ftp client. Saat ini sudah cukup banyak program ftp client yang cukup user friendly seperti WS-FTP atau Cute FTP, namun jika Anda tidak memiliki software-software tersebut Anda dapat menggunakan ftp client yang tersedia di MS Windows.

CARA MENJALANKAN FTP

  • Untuk menjalankan ftp client, klik menu Start | Run… pada Windows9x. Kemudian pada kotak dialog ketikkan: ftp lecturer.ukdw.ac.id
    Klik “OK”
  • Setelah program ftp client berjalan, masukkan user name dan password Anda.
  • Jika user name dan password yang Anda ketikkan diterima, Anda akan masuk ke home direktori, gunakan perintah ls -l atau dir untuk melihat isi home direktori. Pindah ke direktori public_html dengan perintah cd public_htmlNote: semua file untuk homepage harus diletakkan di bawah direktori public_html
  • Untuk meng-upload file ke lecturer, gunakan perintah put nama_file atau mput file1 file 2 (mput digunakan untuk mentransfer beberapa file sekaligus)Note: sebelum mentransfer file, Anda perlu menyesuaikan mode transfer, ada dua mode transfer file yaitu binary (bin) dan ascii. Mode binary digunakan untuk mentransfer file-file biner seperti file image(jpg,png,gif dll), file program(exe,com,bin), flash(swf), file pdf dan lain-lain; sedang yang termasuk file ascii adalah file txt, html, htm, asp, php dan sebagainya. Untuk mengubah mode transfer tersebut, ketikkan bin untuk mengubah menjadi binary mode dan ascii untuk mengubah menjadi ascii mode.
  • Untuk melihat keterangan tentang perintah-perintah yang tersedia di ftp, ketikkan ?
  • Untuk mengakhiri sesi ftp, gunakan perintah bye

PEMAKAI FILE TRANFE PROTOCOL (FTP)

FTP ( File Transfer Protocol) Protokol ini mengijinkan Anda untuk mengirim dan menerima berkas diantara dua komputer. Terdapat server FTP dan klien FTP. Kita membaca klien pada bagian ini.

Bagi yang penasaran, “klien” adalah Anda. “Server” adalah komputer yang menjawab permintaan FTP Anda dan membiarkan Anda login. Anda akan mendownload berkas dari dan mengupload berkas ke server. Klien tidak menerima koneksi FTP, hanya terhubung ke server.

CARA MENGHUBUNGKAN FILE TRANFER PROTOCOL (FTP)

Untuk terhubung ke sebuah server FTP, cukup jalankan perintah ftp(1) dan tentukan host:

% ftp <hostname> [port]

Jika host menjalankan server FTP, maka ia akan menanyakan nama pengguna dan kata sandi. Anda bisa login sebagai diri Anda sendiri atau “anonymous”. Situs FTP anonim sangat populer untuk arsip-arsip perangkat lunak. Sebagai contoh, untuk mendownload Slackware Linux via FTP, Anda harus menggunakan FTP anonim.

Setelah terhubung, Anda akan berada pada prompt ftp>. Terdapat perintah khusus untuk FTP, tetapi serupa dengan perintah standar lainnya. Berikut ini beberapa perintah dasar dan apa yang mereka lakukan:

PERINTAH DAN TUJUAN FUNGSI FTP

Perintah
Tujuan
ls
Mendaftar berkas-berkas
cd <nama direktori>
Mengganti direktori
bin
Menentukan mode transfer biner
ascii
Menentukan mode transfer ASCII
get <nama berkas>
Mendownload berkas
put <nama berkas>
Mengupload berkas
hash
Mengaktifkan/menonaktifkan tanda indikasi persentasi
tick
Mengaktifkan/menonaktifkan indikasi counter byte
prom
Mengaktifkan/menonaktifkan mode interaktif untuk download
mget <mask>
Mendownload berkas atau sekumpulan berkas; wildcard diijikan
mput <mask>
Mengupload berkas atau sekumpulan berkas; wildcard diijinkan
quit
Keluar dari server FTP

Anda bisa menggunakan perintah-perintah berikut yang sudah cukup jelas: chmod, delete, rename, rmdir. Untuk daftar lengkap dari semua perintah dan artinya, cukup ketikkan help atau ? dan Anda akan melihat daftar lengkap pada layar.

FTP adalah program yang mudah untuk digunakan, tetapi kekurangan akan antarmuka yang biasa digunakan oleh kita sekarang ini. Halaman manual menjelaskan beberapa opsi perintah baris untuk ftp(1).

( Sumber : buku pendukung TIK  dan web site google.com )

Comment,

Bagaimana dengan  jaringan computer dengan fasilitas FTP (File Transfer Protocol) di computer anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: