TANTANGAN DI ERA GLOBALISASI

TANTANGAN DI ERA GLOBLALISASI

 

 

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Picture 012perkembangan teknologi informasi di era globalisasi  cukup berkembang dengan pesat dimana teknologi komputer dapat mempermudah informasi dalam mendapatkan  ilmu pengetahuan. Pada jaman dahulu manusia untuk mendapatkan informasi cukup  menggunakan alat sangat sederhana dan untuk  hubungan satu dengan lainnya membutuhkan kualitas dan kuantitas sarana komunikasi yang terbatas dan semakin jauh semakin sulit berhubungan. Komunikasi yang sulit tentu menghambat perkembangan perikonomian dan juga menghambat perkembangan pendidikan sehingga tidak salah kita tertinggal dengan negara negara lainnya hambatan itu salah satunya kurang mengertinya arti globalisasi pada pendidikan.

ALAT TEKNOLOGI MERUPAKAN KEBUTUHAN

Dan pada jaman sekarang dengan teknologi canggih berhubungan sangat mudah sekali dan tidak ada halangan apapun dari jarak, tempat, dan juga waktu seperti alat komputer dan peralatan Hp telephon sekuler yang dimiliki yang memungkinkan dapat berhubungan langsung  dengan siapapun, kapanpun dan dimanapun berada. Perkembangan komunikasi melalui  teknologi satelit komunikasi dapat menyiarkan diberbagai stasiun stasiun televisi global yang terjadi di seluruh dunia dan mudah untuk mendapatkan informasi ilmu pengetahuan cukup dengan mengakses internet dapat mudah mendapatkan. Seperti dengan terjadinya  peristiwa peristiwa di dunia perang, bencana, olahraga dan hiburan dll.

ALAT TEKNOLOGI BERMANFAAT DALAM KEHIDUPAN

Kehadiran Internet telah mempermudah untuk mendapatkan informasi penting sehingga kegiatan transaksi bisnis pun  mudah didapat secara lebih up todate internet juga memungkinkan e-banking mentranfer modal uang dengan mudah dan cepat dan e-learning model model pembelajaran dan mungkin bisa terjadi dengan perkembangan teknologi canggih ini di sekolah atau kuliah untuk mendapatkan pengetahuan pembelajaran  cukup duduk di depan layar komputer masing masing untuk mendapatkan infromasi.

TANTANGAN DENGAN ALAT TEKNOLOGI

Dan bagaimana pengaruh arus kuat globalisasi dalam menghadapi tantangan di masa depan sebagai masyarakat dunia khususnya bangsa kita dan tidak menutup diri dari arus perubahan dan perkembangan pesat kemajuan teknologi yang terjadi saat ini akan membawa dampak damapak dan mungkin terjadi jika kita tidak siap tentu akan tergilas dengan  ganasnya globalisasi.  Mau nggak mau,  suka nggak suka pasti akan  terjadi suatu persaingan yang pesat terbuka fair.

PERAN GENERASI MUDAH DALAM MENGHADAPI TANTANGAN

Sebagai negara berkembang kita tidak ingin untuk dijadikan sebagai penonton tetapi berperan sebagai pemain didalamnya dan sumber daya manusia ( SDM ) generasi yang handal tentu harus dijadikan prioritas utama dalam menghadapi tantangan tersebut dan kualitas sumber daya manusia akan menjadi faktor penentu akan berhasil dan tidaknya dalam memainkan  peranannya di dalam persaingan global.

BAGAIMANA SOLUSI TERBAIK TENTANG GLOBALISASI

Untuk itu tidak salah dengan kebijaksanan pemerintah prioritas utama meningkatkan kualitas  sumber daya manusia di bidang pendidikan salah satunya melalui   sertifikasi guru dan melalui komponen komponen pendidikan lainnya yang berkaitan dengan sumber daya manusia / anak didik dapat mengatasi dan mampu bersaing dalam perkembangan kemajuan jaman di era globalisasi ini.

Dunia

by Toto Pribadi

Comment,

Bagaimana dengan kesiapan mental sumber daya manusia pada bangsa kita dalam menghapapi tantangan di era globaisasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: