UPACARA BENDERA

KEGIATAN UPACARA  BENDERA

Upacara bendera sering dilakukan oleh berbagai sekolah baik di tingkat SD, SLTP/SLTA instansi dan lembaga lainnya dan masing masing memiliki tujuan dan sasaran mengapa perlu diadakan upacara bendera. Apakah diadakan setiap kali hari senen dan sebulan sekali pada setiap tanggal 17 dan hari hari tertentu sesuai dengan program kegiatan.

Kalau bicara tentang upacara artinya upacara adalah serangkaian pebuatan yang ditata dalam suatu ketentuan peraturan yang wajib dilaksanakan dengan khidmat sehingga upacara memiliki makna tersendiri dalam kegiatan tersebut yang membiasakan untuk melakukan bersikap tertib dan disiplin  dan membiasakan untuk berbuat baik dan membentuk tradisi bagi anak memiliki berbudi pengerti yang baik dan bertanggung jawab.

MACAM MACAM UPACARA

Bentuk upacara yang sering dilaksanakan meliputi  upacara umum, upacara pembukaan/ penutupan, upacara pelantikan, upacara kenaikan/jabatan, upacara pindah golongan, upacara pramuka/ambalan/racana, upacara hari 17 agustus, upacara adat dan upacara lainnya dalam agama dan bagaimana dengan upacara bendera yang diadakan oleh sekolah sekolah tentu berbeda dengan upacara lainnya.

 

 

TUJUAN UPACARA  BENDERA

Upacara bendera dilaksanakan oleh masing masing sekolah dan lembaga memiliki tujuan diantaranya :

  1. 1. Membentuk siswa memiliki sikap / kepribadian yang disiplin, disiplin dalam arti menerima pelajaran di waktu di sekolah/kelas dengan tertib dan disiplin dalam menjalankan kewajiban anak dalam mengerjakan tugas tugas sekolah, yang lebih penting disiplin waktu dalam memanfaatkan waktu waktu belajar, waktu sholat dan memanfatkan / menggunakan waktu istirahat, dan waktu waktu lainnya seperti di ruang laboratorium computer, IPA, Bahasa dan tempat lainnya.
  2. Menanamkan anak memilki rasa nasionalisme ( cinta terhadap tanah air )  negara dan bangsa  dan dapat menghargai jasa jasa para pejuang yang mendahului kita dalam melawan penjajahan untuk mempertahan kemerdekaan.
  3. Membentuk dan menanamkan anak memiliki karakter yang berbudi luhur / bertutur kata  dan rasa tanggung jawab dalam setiap perbuatan apapun.
  4. Sebagai alat komunkasi yang efektif untuk menyampaikan informasi informasi tentang kegiatan sekolah dalam rangka meningkatkan pendidikan dan mutu pendidikan sekolah.

Nah dari keempat  tujuan tersebut cukup berarti bagi siswa dan guru khususnya  sekolah untuk mengoptimalkan dalam suatu  kegiatan upacara bendera nah anda baru tahukan mari kita ikuti upacara bendera.

 

 

 

Sumber : pengalaman pribadi

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: