PEMILU PERTAMA 1955

Pemlihan umum / pesta demokrasi pancasila pertama diadakan 1955

Pemilu ( Pemilihan Umum ) pertama diadakan pada tahun 1955 yang diikuti    beberapa kontestan dan pemenang pemilu pada waktu itu partai besar diantaranya : PNI, Masyumi, NU, dan, PKI

 

A.   Pembentukan  partai peserta Pemilihan umum :

Dari hasil keputusan siding PPKI pada tanggal 22 Agustus 1945, Indonesia hanya mempunai satu partai tunggal, yaitu Partai Nasional Indonesia ( PNI ) dan mendapatkan sorotan dan dikwatirkan bangsa bangsa barat yang menganut paham fasisme, seperti Jepang.  Untuk itu Sutan Syahrir ,ketua Badan Pekerja KNIP mengusulkan kepada Pemerintah untuk memberi kebebasan pada rakyat dalam membentuk partai. Usulan mendapat tanggapan dan keluarlah Maklumat 3 November 1945 yang menyatakan anjuran untuk membentuk partai partai dalam rangka memperkokoh perjuangan kemerdekaan.

Partai partai pada waktu itu Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi) dipimpin Dr. Soekiman Wirjosandjojo, Partai Komunis Indonesia (PKI) oleh Mr. Mohammad jusuf, Partai Buruh Indonesia oleh Nyono, Partai Rakyat Jakarta (PRJ) oleh Sutan Denawis,  Partai Kristen Indonesia (Parkindo) oleh Ds. Probowinoto, Partai Sosial Indonesia (PSI) oleh Mr. Amir Sjarifuddin, Partai Rakyat Sosialis (PRS) oleh Sutan Syahrir, Partai Katolik Republik Indonesia (PKRI), oleh I J. Kasino, Persatuan Rakyat Marhaen Indonesia (Permai) oleh J.B.Assa, Partai Nasional Indonesia (PNI) oleh Sidik Djojosuharto.

Dan perkembangan selajutnya KNIP mengajukan usulan mengenai pertanggung jawaban  Kabiet.Kabinet harus bertanggung jawab pada KNIP dan MPR semesta, bukan kepada presiden dan usulan ditanggapinya dan keluarlah  maklumat 14 Nopember 1945 mengenai peralihan sistem kabinet presidential menjadi sistem cabinet Parlementer.

Pada masa Demokrasi Liberal (1950-1959) Indonesia menjalankan sistem pemerintahan parlementer dalam parlemen, dimana pemerintah dipimpin oleh seorang perdana menteri dan presiden hanya berkedudukan sebagai kepala Negara. Kabinet Parlementer mengalami jatuh bangun sebanyak 7 kali penyebabnya ketidakstabilan politik ini ialah adanya mosi tidak percaya terhadap kabinet yang dikeluarkan oleh oposisi dalam parlemen.

B.   Pelasaknaan pemilihan umum 1955 :

Pemilu dilaksanakan pada masa Kabinet Ali Sastroamidjojo pada tahun 1953 – 1955 dan pada saat itu dibentuk panitia pemilian umum pusat  pada 31 Mei 1954. Yang diketuai oleh Hadikusumo dari partai Nasional Indonesia (PNI) dan hasilnya diumumkan pada 16 April 1955. Hasilnya menyatakan bahwa pemilu akan diselenggarakan pada 29 September 1955.

Dan Kabinet Ali Sastroamidjojo tidak dapat melaksanakan pemilu karena sebagai rencana karena kabinet jatuh dan dikembalikan mandatnya kepada presiden pada 24 Juli 1955 akibat dari mosi tidak percaya tehadap masalah pengangkatan pimpinan TNI AD Kabinet Burhanudin pada (Agustus 1955 – Maret 1956). Sebagai pengganti kabinet Ali Sastroamidjojo tetap untuk melanjutkan rencana pemilihan umum dengan mengubah tanggal pelaksanaanya.

Pada 29 September 1955 diadakan pemilihan umum dengan hak pilih + 39 juta rakyat Indonesia untuk menuju tempat pemungutan suara. Dengan dibagi 16 daerah pemilihan yang meliputi 208 Kabupaten, 2.139  Kecamatan dan 43.429 desa. Untuk merayakan pesta demokrasi pancasila.

Dan hasil pemilihan umum pada 29 September 1955 diumumkan pada 1 Maret 1956 dan hasilnya dimenangkan oleh 4 partai besar waktu itu meliputi 1). PNI, NU, dan PKI. Dan pada saat itu 15 Desember 1955 dilasanakan pemilihan umum untuk memilih anggota konstituante. Konstituante diberi tugas untuk merumuskan  Undang Undang  Dasar baru untuk mengganti UUD 1945 karena pada 1950 Indonesia masih menggunakan Undang Undang Dasar sementara 1950 (UUDS 1950). Dan pada 20 Maret 1956 melantik anggota DPR hasil memilu 1955 dan pada 10 Nopember 1955 telah dilaksanakan  pelantikan anggota konstituante baru.

Sumber : IPS  Grafindo Media Pratama – 2008

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: