Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

A. Pentingnya keterbukaanpresiden-adobb

Keterbukaan artinya memberi peluang pihak luar untuk masuk dan menerima berbagai hal dari luar untuk masuk, baik di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, kebudayaan, ideology, paham dan aliran, maupun ekonomi.

Keterbukaan sangat erat kaitannya dengan persahabatan antar Negara di dunia. Oleh karena itu mutlak bagi semua Negara untuk saling terbuka untuk bisa saling berkomunikasi dan bertukar informasi.

Suasana keterbukaan juga dimaksudkan sebagai keterbukaan dalam berbagai bidang kehidupan, antara lain keterbukaan dalam iklim politik, yaitu setiap warga Negara berhak mengemukakan pendapatnya sejauh tidak bertentangan dengan semangat pancasila dan Undang – undang dasar 1945. Jika dimaksudkan untuk menjunjung tinggi dasar Negara kita, keterbukaan itu harus benar – benar ditegakkan dalam kesatuan nafas dengan semangat falsafah Pancasila dan UUD 1945.

Disamping suasana keterbukaan ialah system mobilitas sosial, yakni Negara Republik Indonesia menganut asas bahwa setiap warga Negara memunyai kedudukan yang sama di hadapan hokum dan pemerintahan, Ini merupakan pelaksanaan dari prinsip kedaulatan rakyat.

Demikian juga halnya dengan pasal 27 ayat (2) dan Pasal 28D ayat (2) UUD 1945 yang memancarkan asas keadilan dan kerakyatan, sebab kedua ketentuan tersebut menyatakan bahwa :
1. Tiap – tiap warga Negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan
2. Setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja

Karena keterbukaan tersebut memberi peluang kepada mereka yang mampu dan mau melakukan proses perubahan yang menuju kearah kebaikan. Hal ini sesuai dengan makna pembangunan yaitu proses mengubah keadaan menjadi lebih baik dari keadaan sebelumnya. Untuk mengubah ke keadaan yang lebih baik, diperlukan factor pendukung antara lain sebagai berikut :

1. Stabilitas nasional yang mantap

2. Tingkat pendidikan warga masyarakat yang cukup memadai

3. Adanya penghargaan terhadap hasil karya seseorang

4. Adanya keterbukaan serta tidak berusaha untuk menutupi diri.

B. Pentingnya Keterbukaan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Negara Indonesia ialah negara kesatuan yang berbentuk Republik. Dan Negara yang kita cintai ini dari Sabang sapai Merauke merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Persatuan dan kesatuan tetap kita jaga sehingga betapapun upaya untuk memecah belah bangsa Indonesia tidak mampu selama Bangsa Indonesia masih mengakui Pancasila sebagai dasar negara dan Undang-undang Dasar 1945 sebagai konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wilayah Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau, berbagai suku, adat istiadat, budaya, dan tradisi. Dengan keterbukaan, keragaman tersebut bukan menjadi penghalang bagi bangsa Indonesia untuk membina persatuan dan kesatuan.
Laut dan selat bukan dihayati sebagai pemisah,melainkan sebagai penghubung antarpulau, yang menyatukan tanah air sesuai dengan prinsip negara kepulauan (archipelago).

Keragaman suku, adat istiadat, budaya dan tradisi yang beraneka ragam itu merupakan modal dasar dan khasanah yang harus dijaga dan dipahami sebgai unsur-unsur yang memperkaya kesatuan bangsa yang digambarkan dalam semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetap satu jua.

Kesadaran akan kesatuan wilayah Indonesia telah lama dirintis oleh para pejuang Kemerdekaan Indonesia, dimulai sejak tahun 1908 oleh organisasi “Budi Utomo” yang dipimpin oleh Dr. sutomo.Selanjutnya pada tahun 1928, para pemuda menyelenggarakan kogres pemuda menyatakan ikrar Sumpah Pemuda yang berbunyi:

Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tumpah darah Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia berbangsa satu, bangsa Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Kerja sama antar negara dewasa ini mutlak diperlukan, karena di antara bangsa yang bersangkutan saling membutuhkan, menerima, dan memberi untuk kepentingan nasional masing-masing sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Bentuk kerja sama antarnegara dapat berbentuk kerja sama  bilateral maupun multilateral.

Dengan keterbukaan itu, kita dapat menyerap berbagai kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Sehingga kita akan bersikap dan berprilaku untuk mau menghargai perbedaan yang dimiliki orang lain, kelompok, atau suku bangsa lain.

Keterbukaan bagi bangsa dan negara Indonesia mutlak diperlukan agar arus informasi dapat sebanyak-banyaknya masuk dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan nasional.

Disamping itu, kita mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia menjadi manusia yang memiliki ilmu pengetahuan dan tehknologi yang semakin maju dan memiliki keahlian yang mampu membawa kemajuan dan kejayaan bagibangsa indonesia.

Jelaslah bahwa keterbukaan menjadi kebutuhan, baik bagi setiap negara dan bangsa maupun masing-masing individu warga negara untuk meningkatkan kualitas pribadinya dalam memenuhi pengabdian dan kewajiban hidup sehari-hari, baik kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesamanya, maupun terhadap bangsa dan negaranya.

Adapun pentignya keterbukaan bagi warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara antara lain:

  1. Akan memperoleh berbagai informasi sehingga dapat memperkaya pengetahuan
  2. Dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia
  3. Mampu memberikan, menularkan informasi  mengenai hal-halnyang dapat memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa
  4. Mampu menghalau atau mengantisipasi pihak-pihak yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa
  5. Dapat menghindari politik pecah belah
  6. Memungkinkan adanya tradisi berdialog, baik antarsuku bangsa, golongan, aliran maupun agama.
  7. Dapat membentuk forum permusyawaratan antargolongan, suku bangsa, agama, dan kepercayaan.
  8. Menghindarkan diri dari sifat fitnah dan berprasanga negatif

C. Pentingnya Keadilan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Keadilan dapat diartikan sebagai tindakan yang tidak sewenang-wenang . Keadilan pada hakikatnya adalah memberikan atau memperlakukan seseorang atau suatu pihak sesuai dengan apa yang menjadi haknya.

Sebagai warga negara Indonesia, kita mempunyai kewajiban untuk mendukung terwujudnya keadilan. Dukungan itu dapat ditunjukkan melalui sikap dan perbuatan kita sehari-hari, yakni melakukan sesuatu sesuai dengan norma-norma atau akidah-kaidah hukum yang berlaku. Misalnya, bertindak adil, tidak melanggar hak orang lain, memberikan sesuatu kepada orang lain sesuai dengan haknya, berkata jujur, dan sebagainya

( sumber penerbit Ganeca Exact 2007 )

Comment,

Bagaimana menurut pendapatmu pentingnya Keterbukaan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: